10 April 2020, 11:18 WIB

PSBB Diterapkan, IHSG Berpeluang Menguat Sepekan


Despian Nurhidayat | Ekonomi

PERGERAKAN Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada penutupan perdagangan pekan ini mengalami rebound. Tercatat pukul 15.15 WIB, Kamis (9/4), IHSG terpantau nyaman berada di zona hijau, naik 0,48% atau 22,38 poin di posisi 4.649,08.

Analis Binaartha Sekuritas, Nafan Aji Gusta Utama, menilai hasil penutupan dan juga penerapan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) di wilayah Jakarta yang mulai berjalan Jum’at (10/4) ini, membuka peluang penguatan IHSG selama sepekan.

Baca juga: BI: Global Bond Bisa Perkuat Cadangan Devisa

Hal itu akan terjadi jika pada pembukaan pekan depan atau Senin (13/4), IHSG mengalami penguatan dan secara analisis teknikal peluang IHSG untuk kembali rebound cukup tinggi.

"Kalau pada Senin, saya proyeksikan IHSG ada peluang untuk menguat berdasarkan analisa teknikal. Jika Senin terjadi penguatan, sepekan masih ada peluang untuk menguat," ungkap Nafan saat dihubungi, Jum’at (10/4).

Lebih lanjut, Nafan berpendapat penerapan PSBB juga memiliki keuntungan tersendiri bagi pergerakan IHSG maupun emiten. Menurutnya, keberhasilan PSBB akan berdampak pada kenaikan pergerakan saham maupun keuntungan bagi emiten.

Baca juga: Bergerak Fluktuatif Sejak Pembukaan, IHSG Menguat Pada Penutupan

"Semuanya tergantung kepada keberhasilan pemerintah pada khususnya, maupun state actors pada umumnya, dalam rangka mitigasi risiko pandemi covid-19," pungkas Nafan.

Selain itu, hal lain yang akan memengaruhi dan saat ini ditunggu oleh pasar ialah Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI). Berikut, rilis neraca perdagangan Indonesia yang akan menjadi perhatian bersama.(OL-11)

 

BERITA TERKAIT