10 April 2020, 07:05 WIB

Pekan Depan Cadangan Devisa Indonesia Mencapai US$125 Miliar


Despian Nurhidayat | Ekonomi

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo optimistis cadangan devisa Indonesia bulan April 2020 akan mencapai US$125 miliar AS. Ini lantaran Pemerintah dalam hal ini Kementerian Keuangan telah mengumumkan penerbitan global bond sebesar US$4,3 miliar.

Menurut Perry hal ini telah membuatnya yakin cadangan devisa akan meningkat dalan waktu dekat. Bahkan pekan depan kata dia, hal ini bisa terjadi.

"Di akhir bulan lalu kami sudah sampaikan cadangan devisa sebesar US$121 miliar. Minggu depan akan mendekati angka US$125 miliar. Mendekati angka itu karena ibu Menteri Keuangan sudah umumkan penerbitan global bond US$4,3 miliar," ungkapnya dalam video conference, Kamis (9/4).

Lebih lanjut, Perry mengatakan bahwa penerbitan global bond saat ini sudah masuk proses administrasi dan settlement. Sehingga pekan depan dia memastikan bahwa cadangan devisa Indonesia akan mendekati angka US$125 miliar.

Saat ini cadangan devisa Indonesia berada di US$121 miliar, turun sekitar US$9,4 miliar dalam sebulan akibat pembayaran utang pemerintah US$2 miliar dan stabilisasi rupiah US$7 miliar. (E-3)

BERITA TERKAIT