09 April 2020, 13:00 WIB

Masih Gagal Bikin Dalgona? Coba Trik Kami Ini


Fetry Wuryasti | Weekend

DALGONA menjadi minuman viral setelah dipopulerkan oleh seorang artis Korea Selatan. Minuman kopi itu sesungguhnya ia cicip di Makau, namun sang artis menyebutnya sebagai kopi dalgona karena mengingatkannya akan permen yang terkenal di negara asalnya.

Di Korea memang terdapat permen dalgona atau akrab disebut ppopgi, berupa karamelisasi dari gula dan minyak menjadi sirup karamel, kemudian ditambah baking soda agar mengembang. Bahan membuat kopi dalgona ini sebetulnya sederhana, hanya kopi, air panas, dan gula pasir. Hanya saja banyak trik yang menentukan suksesnya adonan.

Banyak warganet yang gagal membuatnya, bahkan walaupun sudah memakai mixer. Ya, kecepatan pengocokan adonan disebut sebagai kunci untuk mengolah adonan itu menjadi mousse yang dapat mengapung di atas susu.

Jika anda juga sudah menggunakan mixer, atau kebetulan punya tangan kuat sehingga bisa mengocok 400kali dengan cepat, namun masih juga gagal maka saatnya memperhatikan kopi yang dipakai. Berdasarkan pengujian yang dilakukan Media Indonesia, kunci agar warna kopi berubah menjadi cokelat pucat ada pada jenis kopi yang digunakan, yaitu harus kopi instan tanpa ampas.

Saat mencoba menggunakan kopi tubruk, ampas akan membuat cairan kopi tidak mengental dan mengembang menjadi krim lembut. Upaya memakai espreso maupun menyaring sendiri kopi tubruknya juga tidak membuat cairan kopi menjadi kental. Gunakanlah kopi instan murni tanpa ampas, dengan gula terpisah.

Untuk pengadukan, Media Indonesia menjajal jika tidak harus menggunakan mixer. Selama pengadukan dilakukan dengan cepat, maka mousse bisa terbentuk.

Setelah dua menit mengocok, warna akan berubah menjadi cokelat pucat seperti permen karamel. Tingkat kekentalan bisa disesuaikan dengan selera Anda. Bila ingin agar busa krim kopinya kental dan kaku, Anda bisa mengaduknya lebih lama, lalu mendiamkannya 30 detik-1 menit sebelum digunakan.

Adanya gula pasir yang berhasil meleleh dan menyatu dengan air dan kopi, akan membantu pengentalan krim hingga cukup kokoh untuk dihidangkan di atas susu segar.

Kopi dalgona ini tampaknya juga bisa menjadi favorit untuk mereka yang tidak terbiasa atau terlalu suka minum kopi. Sebab sebenarnya dengan takaran 1:1:1, rasa pahit kopi dalam krim tetap terasa, tetapi tidak kuat.

Beda cerita ketika memakai perbandingan 2:2:2, rasa gula menjadi lebih dominan daripada kopi. Jadi kalau ingin membuat beberapa porsi, lebih baik dibuat terpisah masing-masing dengan takaran 1:1:1. Selamat mencoba! (M-1)

BERITA TERKAIT