08 April 2020, 21:20 WIB

Turki Kirim Bantuan Medis Covid-19 ke 5 Negara Balkan


Haufan Hasyim Salengke | Internasional

TURKI, Rabu (8/4), mengirimkan pasokan medis ke lima negara Balkan untuk membantu memerangi wabah virus korona (covid-19).

Sebuah pesawat militer Turki berangkat dari Ankara, Rabu pagi, untuk membawa bantuan ke negara-negara Balkan untuk membantu mereka memerangi wabah.

"Masker, terusan, dan alat uji yang disiapkan oleh Kementerian Kesehatan Turki akan dikirimkan ke Serbia, Bosnia-Herzegovina, Montenegro, North Masedonia, dan Kosovo atas instruksi Presiden (Recep Tayyip) Erdogan," kata Kementerian Pertahanan di Twitter sebelum lepas landas.

Turki sebelumnya mengirim bantuan medis ke Italia dan Spanyol, negara-negara di Eropa yang paling parah terpapar virus itu.

Peti berisi persediaan untuk negara-negara Balkan memuat kata-kata sufi abad ke-13, Mevlana Jalaluddin Rumi, "Ada harapan setelah keputusasaan dan akan terbit banyak matahari setelah kegelapan".

Sejak virus itu muncul Desember lalu di kota Wuhan di Tiongkok, covid-19 telah menyebar ke setidaknya 184 negara dan wilayah.

Tercatat lebih dari 1,43 juta infeksi yang dikonfirmasi di seluruh dunia dan lebih dari 82.000 kematian, menurut Johns Hopkins University yang berbasis di Amerika Serikat. Lebih dari 300.000 orang telah pulih. (OL-13)
 

Baca Juga: Sri Sultan Tegaskan DIY belum Putuskan PSBB

Baca Juga: Covid-19 Akibatkan Angka Kriminalitas di Sumbar Menurun

BERITA TERKAIT