08 April 2020, 17:55 WIB

Soal Transfer Uang buat DP Mobil Anggota DPR, Sekjen: Dipending


Putri Rosmalia Octaviyani | Politik dan Hukum

BEREDAR surat dari Sekjen DPR Indra Iskandar terkait transfer uang pembayaran uang muka untuk pembelian kendaraan ke anggota DPR.

Dalam surat yang dikeluarkan pada 6 April disebutkan, uang muka pembelian kendaraan sebesar Rp116.650.000 dipotong pajak penghasilan 15% ditransfer ke rekening Bank Mandiri pada 7 April.

Baca juga: Masyarakat Diminta tidak Sebar Hoaks di Tengah Pandemi Korona

Surat itu juga mengutip Pasal 2 ayat 2 Peraturan Presiden Nomor 68 tahun 2010 tentang Pemberian Fasilitas Uang Muka bagi Pejabat Negara pada Lembaga Negara untuk Pembelian Kendaraan Perorangan. Ayat itu menjelaskan fasilitas uang muka untuk pembelian kendaraan perorangan diberikan per periode masa jabatan dan diterima setelah enam bulan sejak dilantik.

Baca juga: Sembilan Daerah di Luar Jakarta Usulkan PSBB

Indra Iskandar mengatakan rencana pemberian down payment (DP/uang muka) pembelian kendaraan anggota DPR itu telah diputuskan untuk ditunda.

Hal itu mengingat saat ini prioritas anggaran akan disalurkan untuk memaksimalkan penanggulangan pandemi virus korona (covid-19).

"Itu kan sudah dipending ya. Anggarannya dialihkan untuk program lain, khususnya penanganan covid-19," ujar Indra ketika dihubungi, Rabu (8/4).

Indra menjelaskan sesuai dengan Perpres Nomor 54 tahun 2020, anggaran DPR juga dipotong untuk penanganan wabah covid-19 secara nasional. (X-15)

 


 

BERITA TERKAIT