08 April 2020, 13:50 WIB

Ganjar Ingatkan Bank dan Leasing Beri Keringanan saat Covid-19


Akhmad Safuan | Ekonomi

GUBERNUR Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo meminta bank dan perusahaan pembiayaan (leasing) untuk memberikan keringanan pembayaran kredit selama masa pandemi covid-19 ini.

"Saya sudah minta bank dan leasing untuk memberikan keringannya, jangan mempersulit jika warga dipersulit untuk meminta keringanan laporkan ke saya," kata Ganjar Pranowo kepada Media Indonesia Rabu (8/4).

Merebaknya kasus korona di Jawa Tengah, lanjut Ganjar, membuat dampak yang begitu besar, selain kesehatan sendiri juga dampak sosial dan ekonomi mengikuti, sehingga perlu dicarikan terobosan untuk jaring sosial dan membantu warga terdampak seperti kesulitan pembayaran kredit.

Ganjar mengatakan untuk membantu warga yang mengalami kesulitan ini, maka telah berkoordibasi dengan otoritas jasa keuangan (OJK), terutama meringankan warga yang kesulitan dalam pembayaran kredit baik di bank maupun lembaga pembiayaan (leasing) selama masa pandemi korona ini.

Setelah sebelumnya berhasil mengajukan keringanan pembayaran untuk bank, demikian Ganjar Pranowo, kini yang terbaru setelah berkonsultasi dengan OJK giliran untuk lembaga pembiayaan dapat memberikan keringanan pengangsuran kredit saat pandemi covid-19 ini.

"Silahksn bagi warga yang mempunyai tanggungan kredit kendaraan ataupun modal dapat menghubungi leasing untuk mengajukan keringanan," ujar Ganjar.

Sambil menunjukan surat dari OJK, Ganjar Pranowo mengungkapkan setelah mendapat persetujuan termasuk teknisnya, lamgkah ditempuh Pemerintah Probinsi Jawa Tengah ini diharapkan dapat menjadi stimulan dalam rangka menghadapi dampak korona ini, yakni denfan penjadwalan ulang pembauaran kredit di bank dan keasing.

Selain itu, lanjut Ganjar Pranowo, pemerintah Juga telah mengeluatkan kebijakan serupa di sektor perekonomian, sehingga meskipun korona ini berdampak luas namun tidak samoai menghentikan perekonomian di daerah. "Sekali lagi saya tekankan buat bank dan leasing jangan ada yang mempersulit," pesannya. (OL-13)

Baca Juga: Peran Menko PMK Dinilai Minim Dalam Tanggani Covid-19

Baca Juga: Sungai Citanduy dan Cikidang Meluap Rendam Ratusan Rumah

 

BERITA TERKAIT