08 April 2020, 13:11 WIB

Gubernur Kalsel Bagikan Disinfektan ke 13 Kabupaten/Kota


Denny Susanto | Nusantara

GUBERNUR Kalimantan Selatan Sahbirin Noor, Rabu (8/4) secara simbolis mendistribusikan disinfektan ramah lingkungan kepada 13 pemerintah kabupaten/kota di wilayah tersebut sebagai bagian upaya memberantas wabah virus korona. Masyarakat diminta ikut mendukung upaya memerangi wabah virus korona dengan mentaati protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah. 

"Disinfektan yang diproduksi sendiri oleh Pemprov Kalsel ini kita yakini  mampu membunuh virus, termasuk virus korona. Disinfektan alami ini ramah lingkungan," tutur gubernur saat membagikan disinfektan asap cair kepada perwakilan pemda 13 kabupaten/kota dan Forkopimda Kalsel. 

Disinfektan ini diproduksi  kerjasama Dinas Kehutanan dan Dinas Perkebunan dan Peternakan Kalsel. Dikatakan Sahbirin penyemprotan disinfektan merupakan salah satu upaya Pemprov Kalsel dalam menangani wabah virus corona yang penyebarannya semakin masif di Kalsel. 

 "Saya sudah sampaikan,  segala upaya kita kerahkan. Kita mengahadapi virus ini dengan serius. Penanganan virus corona harus dilakukan secara bersama-sama atau bergotong royong," ujarnya. Hingga kini sudah ada 22 orang yang dinyatakan positif terjangkit virus korona di Kalsel dan tiga orang diantaranya meninggal dunia. Kemudian ada 11 orang menjadi pasien dalam pengawasan (PDP) serta lebih 1.100 orang berstatus orang dalam pemantauan (ODP).

Untuk itu gubernur meminta masyarakat ikut mendukung upaya memerangi wabah virus korona dengan mentaati protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah. Penyebaran wabah virus korona ini diakui mulai mengganggu banyak sektor sosial dan ekonomi masyarakat, juga pemerintahan. 

baca juga: Kesadaran Memakai Masker masih Rendah

Sementara itu, Kepala Dinas Kehutanan Kalsel Hanif Faisol Nurofiq menyampaikan, disinfektan akan didistribusikan secara terus-menerus ke kabupaten/kota dalam upaya melakukan biosecurity.  

"Pak gubernur meminta kita melalukan segala cara untuk menetralisir virus melakukan biosecurity dengan menggunakan disinfektan," ucapnya. (OL-3)

BERITA TERKAIT