08 April 2020, 10:59 WIB

Pria Asal Tiongkok Nekat Temui Teman Perempuan di Tengah Pandemi


Palce Amalo | Nusantara

SEORANG pria bernama Ma Yixiang, 31, asal Beijing, Tiongkok nekat berkunjung ke Kabupaten Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur (NTT) demi bertemu seorang perempuan bernama Norma Yanse Manes, 22. Kedatangan Yixiang menarik perhatian pemerintah dan masyarakat daerah setempat lantaran bertepatan pandemi virus korona yang melanda dunia.

Kepala Kantor Imgirasi Atambua, Kiemas Abdul Halim, Rabu (8/4) mengatakan Yixiang diketahui check in di salah satu hotel di Kefamenanu, ibu kota Timor Tengah Utara sejak Senin (6/4) petang. Pihak imigrasi bersama petugas kesehatan langsung mendatangi hotel tersebut untuk  menemui Yixiang. 

Dari keterangan yang diperoleh imigrasi, kata Kiemas, Yixiang datang ke daerah itu untuk bertemu seorang cewek bernama Norma Yanse Manes, 22, yang dikenal lewat media sosial. Norma berasal Dari Desa Naiola, Kecamatan Bikomi Selatan, Timor Tengah Utara.

Pada Selasa (7/4) imigrasi bersama tim medis kembali ke hotel tempat Yixiang menginap untuk melakukan pemeriksaan lagi serta rapid test. Rapid test juga dilakukan terhadap Norma dan seorang lagi bernama Megi, 15. 

"Saat ini masih menunggu hasil rapid test dari laboratorium RSUD  Kefamenanu," kata Kiemas, Rabu (8/4)

Setelah pemeriksaan selesai, Yixiang kemudian dibawa petugas ke Rusunawa di Kilometer 9, Desa Naioni untuk menjalani karantina selama 14 hari. Rusunawa tersebut memang dipersiapkan oleh pemerintah daerah setempat menjadi tempat karantina orang dalam pemantauan (ODP) atau orang yang melakukan perjalanan dari daerah tertular virus korona. Sedangkan Norma dan Megi dipulangkan ke rumah mereka sekaligus menjalani isolasi mandiri  selama 14 hari.

Dia mengatakan Yixiang diketahui baru pertama kali berkunjung ke Indonesia. Ia tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada 28 Januari lalu.

"Izin tinggalnya adalah fasilitas Bebas Visa Kunjungan saat tiba di Bandara Soetta. Yang bersangakutan juga pernah diterakan Izin Tinggal Terpaksa pada 5 Maret 2020 dan berakhir tanggal 27 Maret 2020.  Izin tinggal terpaksa ini dikeluarkan oleh Kanim Jakarta Selatan," ujarnya. 

Sebelum berkunjung ke Kefamenau, Yixian juga diketahui berlibur di Yogyakarta, Bali, Jakarta, Labuan Bajo, Kupang, dan Soe di Kabupaten  Timor Tengah Selatan. (OL-3)
 

BERITA TERKAIT