08 April 2020, 10:53 WIB

Pemkab Pesisir Selatan Naikkan Anggaran Penanganan Covid-19


Yose Hendra | Nusantara

PEMERINTAH Kabupaten Pesisir Selatan menaikkan anggaran penanganan Covid-19 menjadi Rp75 miliar.

"Dana yang diestimasikan mencapai  Rp75 miliar tersebut, Rp10 miliar di antaranya akan dimanfaatkan untuk operasional pencegahan dan penanganan kesehatan. Dan Rp65 miliar untuk jaring pengaman sosial. Jadi total anggaran yang dibutuhkan Rp7.75 miliar," kata Bupati Pesisir  Selatan Hendrajoni, Rabu (8/4).

Hendrajoni menambahkan pengalokasian dana itu sesuai dengan instruksi Menteri Dalam Negeri RI Nomor 1 tahun 2020 tentang Pencegahan Penyebaran dan  Percepatan Covid-19 di Lingkungan Pemerintah Daerah. Hendrajoni menyampaikan sejumlah kebijakan yang telah dilaksanakan dalam mengurangi dampak ekonomi dan sosial akibat wabah, di antaranya pembebasan pajak hotel dan restoran, serta menggratiskan pungutan retribusi terhadap 73 petak kios pada 14 pasar rakyat di Pesisir Selatan.

"Selain itu di bidang pendidikan, kita juga telah mengeluarkan kebijakan dengan mengalihkan pembelajaran bagi para siswa TK/PAUD, SD, dan SLTP ke rumah (home learning)," beber Ketua DPW Partai NasDem Sumatra Barat ini.

baca juga: Jumlah Kasus Covid-19 di Gowa Relatif Tinggi

Ketua DPRD Ermizen, menyatakan dukungannya terhadap langkah langkah yang telah dan akan dilakukan bupati dan jajarannya. Ia juga menyadari pemerintah membutuhkan dana yang besar untuk menangani virus korona baik untuk penegahan dan penanganan dibidang kesehatan maupun untuk dampak ekonomi dan sosialnya.

"Pada prinsipnya, kami sangat mendukung keputusan dan kebijakan dari Pemkab Pesisir Selatan dalam percepatan pencegahan penyebaran wabah Covid-19," ujar Ermizen. (OL-3)

BERITA TERKAIT