08 April 2020, 06:44 WIB

Kepala Staf AL AS Mengundurkan Diri


Basuki Eka Purnama | Internasional

PENJABAT Kepala Staf Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) Thomas Modly, Selasa (7/4), mengundurkan diri karena dikritik atas penanganannya terkait merebaknya wabah covid-19 di kapal induk USS Theodore Roosevelt. Hal itu diungkapkan Menteri Pertahanan AS Mark Esper.

Modly mengundurkan diri lima hari setelah memecat kapten USS Roosevelt, Brett Crozier, karena menulis surat, yang bocor ke media, mengenai buruknya kondisi di atas kapal itu akibat covid-19 dan menuding Pentagon tidak memberikan perhatian yang memadai.

Pemecatan Crozier yang merupakan perwira yang dihormati dan dicintai awak kapalnya dipandang terlalu berlebihan dan diputuskan terlalu cepat, sebelum adanya penyelidikan resmi.

Baca juga: Warga tak Disiplin, Jumlah Korban Covid di New York Melonjak

Modly memicu kemarahan setelah pada Senin (6/4) bertolak ke Guam, tempat kapal induk itu berlabuh untuk membela keputusannya di hadapan awak kapal.

Dalam pidato yang penuh kata-kata kasar, Modly menuding Crozier melakukan pengkhiatatan, melakukan aksi yang naif bahkan bodoh, dan menyebut para awak kapal salah membela sang kapten.

Beberapa jam kemudian, setelah kembali ke Washington, Modly meminta maaf. Namun, Presiden AS Donald Trump mempertanyakan keputusan Modly memecat Crozier dan berjanji akan terlibat langsung dalam masalah itu.

"Modly mengundurkan diri karena menempatkan Angkatan Laut dan para pelaut di atas kepentingannya. Hal itu dilakukannya agar USS Theodore Roosevelt dan Angkatan Laut bisa melupakan masalah ini," ujar Esper. (AFP/OL-1)

 

BERITA TERKAIT