08 April 2020, 06:34 WIB

Tiongkok Cabut Larangan Perjalanan di Wuhan


Basuki Eka Purnama, Haufan Hasyim Salengke | Internasional

PEMERINTAH Tiongkok, Selasa (7/4), mencabut larangan perjalanan bagi warga Wuhan, tempat dimulainya pandemi covid-19 pada tahun lalu.

Saat kota-kota lain di dunia memberlakukan lockdown, ribuan orang meninggalkan Wuhan setelah larangan perjalanan yang diberlakukan selama lebih dari dua bulan di kota di Provinsi Hubei itu dicabut.

"Warga Wuhan telah melakukan pengorbanan besar," ujar seorang pria berusia 21 tahun yang mengaku bermarga Yao di stasiun kereta Wuhan.

Baca juga: Frustasi Pandemi Meluas, Trump Salahkan WHO dan Tiongkok

"Kini, setelah lockdown dicabut, saya rasa semua orang bahagia," imbuhnya yang mengaku akan pergi ke Shanghai untuk kembali bekerja di sebuah restoran.

Bandara internasional Wuhan juga kembali beroperasi dan blokade di jalan-jalan di kota itu juga disingkirkan.

Pencabutan larangan perjalanan itu dilakukan setelah Komisi Kesehatan Nasional Tiongkok, Selasa (7/4), mengatakan tidak ada kematian baru akibat covid-19 dalam tempo 24 jam. Itu merupakan kali pertama tidak ada kematian akibat covid-19 di Tiongkok sejak mereka merilis data korban covid-19 pada Januari lalu.

Data resmi dari pemerintah Tiongkok menyebut 81 ribu orang terinfeksi virus korona dan lebih dari 3.300 orang meninggal dunia. (AFP/OL-1)

 

BERITA TERKAIT