08 April 2020, 06:17 WIB

Sumbangan Rp10 Miliar untuk Rumah Sakit BUMN Penanganan Covid-19


mediaindonesia.com | Humaniora

KEMENTERIAN Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tengah mengoptimalkan 35 rumah sakit BUMN yang menjadi rujukan penanganan pasien Covid-19 dengan kapasitas kamar rawat inap sebanyak 2.441 dan intensive care unit  611.

Sejumlah pihak termasuk kalangan pengusaha telah turut memberi dukungan apa yang menjadi harapan Kementerian BUMN.  Prajogo Pangestu, Founder dan Chairman Barito Pacific Group kembali menyalurkan bantuan untuk penanganan pandemi Covid-19 sebesar Rp10 Miliar.

Bantuan dikirimkan ke Yayasan BUMN Hadir Untuk Negeri yang kemudian disalurkan kepada rumah sakit BUMN. Dengan bantuan untuk 35 rumah sakit BUMN, diharapkan penanganan pasien pandemi virus korona  akan berjalan baik.   

Presiden Direktur Barito Pacific Group Agus Salim Pangestu mengatakan, “Bantuan dari anak Perusahan Barito Pacific yaitu Chandra Asri, Star Energy, dan Yayasan Bakti Barito sampai saat ini telah menyalurkan bantuan dengan total dana 40 Miliar. Bantuan ini kami harapkan dapat berkontribusi bagi pemerintah Indonesia menangani tantangan pandemi ini.”

Dalam acara pemberian penghargaan kepada donatur Menteri BUMN Erick Thohir menjelaskan bahwa saat ini Kementerian BUMN tengah mengoptimalkan 35 rumah sakit  BUMN yang telah menjadi RS rujukan penanganan Covid-19 dengan kapasitas kamar rawat inap sebanyak 2.441 dan ICU 611.

“Kita harus bahu membahu mengatasi tantangan dinamis dalam penanganan pandemi Covid-19. Apabila kita semua kompak, bersama satu visi, baik pemerintah, dunia usaha dan masyarakat, maka Insya Allah kita mampu melalui pandemi global ini dengan sangat baik,” kata Erick di Jakarta, Selasa (7/4).

 “Pada dasarnya bangsa Indonesia, bangsa yang kuat dengan karakter gotong royongnya. Saya percaya akan semakin banyak kekuatan masyarakat dan dunia usaha untuk saling membantu sesama, baik untuk para tenaga kesehatan, pasien yang terinfeksi dan juga mereka yang terdampak secara ekonomi. Indonesia Pasti Bisa,” ujar Erick Thohir dalam siaran persnya.

Selain Barito Pacific juga ikut memberikan sumbangan Departemen Sosial adalah para donatur lain seperti, China Huadian Hongkong Company (mitra PT Bukit Asam Tbk), Kedutaan Besar Republik Indonesia di Singapura, Temasek Holding Private Limited, China Alumunium International, dan perusahan dalam negeri lainnya seperti Bakrie Group.

Sementara itu Chairman Barito Pacific Prajogo Pangestu juga menyampaikan rasa terimakasih kasih atas penghargaan yang diberikan oleh Kementerian BUMN.

“Kami mengerti bahwa kebutuhan masyarakat akan fasilitas rumah sakit di tengah pandemi ini sangatlah besar dan Rumah Sakit BUMN sebagai rumah sakit rujukan mengemban tugas yang sangat penting untuk menyediakan pelayanan yang diperlukan masyarakat. Oleh sebab itu rumah sakit BUMN ini perlu kita dukung,” tambah Prajogo Pangestu.

Sebelumnya, Prajogo Pangestu juga telah menyerahkan sebelumnya bantuan peralatan medis senilai Rp 30 miliar bersama dengan Barito Pacific Group dan anak perusahaan, Chandra Asri dan Star Energy serta yayasan Bakti Barito. Bantuan peralatan medis ini diserahkan secara bertahap ke berbagai rumah sakit di wilayah operasional anak perusahaan yaitu di Banten dan Jawa Barat, serta DKI Jakarta. (RO/OL-09)

 

BERITA TERKAIT