08 April 2020, 06:09 WIB

Wisconsin Tetap Gelar Primary Saat Krisis Covid-19


Basuki Eka Purnama | Internasional

NEGARA Bagian Amerika Serikat (AS) Wisconsin, Selasa (7/4), tetap menggelar primary Partai Demokrat mengabaikan perintah pemerintah negara bagian agar warga tetap berada di rumah serta kekhawatiran pemilihan itu akan menyebabkan ribuan orang terancam tertular covid-19.

Antrean panjang, tempat pemungutan suara (TPS) yang tutup, dan petugas pemilihan suara (PPS) yang mengenakan APD menandai primary Partai Demokrat yang digelar di puncak pandemi virus korona di AS.

Pejabat Partai Demokrat sebenarnya berusaha menunda primary itu namun ditolak oleh pengadilan negara bagian.

Baca juga: Warga tak Disiplin, Jumlah Korban Covid di New York Melonjak

Mahkamah Agung AS juga menolak mengizinkan memperpanjang waktu pemilihan menggunakan surat yang bisa membuat warga memberikan suara tanpa harus pergi ke TPS.

Karena negara bagian di Midwestern AS itu tidak menunda primary--berbeda dengan 15 negara bagian AS lainnya--banyak warga Wisconsin terpaksa membuat keputusan berat, membahayakan keselamatan mereka dengan pergi ke TPS atau golput karena tinggal di rumah saja.

Di Milwaukee, keselamatan para pemilih semakin terancam dengan minimnya petugas TPS.

Di kota berpenduduk 600 ribu orang itu, biasanya ada 180 TPS. Namun, jumlah itu kini berkurang menjadi hanya lima. Hal itu menyebabkan antrean panjang saat warga seharusnya melakukan social distancing.

Ketua panitia primary Wisconsin Meagan Wolfe meminta pemiluh untuk sabar dan berhati-hati saat berada di TPS.

Saat ini, di Wisconsin, 2.400 orang dipastikan positif covid-19 dengan 77 di antaranya meninggal dunia. (AFP/OL-1)

 

BERITA TERKAIT