08 April 2020, 01:21 WIB

Resmi! FIFA bakal Geser Jadwal Transfer Musim Panas


Rahmatul Fajri | Sepak Bola

FEDERASI Sepak Bola Dunia (FIFA) mengumumkan akan memindahkan jadwal transfer musim panas imbas penundaan kompetisi di seluruh dunia karena pandemi global virus korona atau covid-19.

FIFA membuat keputusan setelah berkonsultasi dengan perwakilan dari klub, pemain, liga, asosiasi nasional dan konfederasi.

FIFA mengumumkan menjadikan masa bursa transfer menjadi fleksibel dan mencari jadwal untuk membuka jendela transfer antara akhir musim lama dan awal musim baru.

Selain itu, FIFA juga memutuskan untuk memperpanjang kontrak pemain yang berakhir ketika kompetisi masih berjalan. Kontrak baru tidak akan berlaku hingga musim baru dimulai.

Biasanya pemain kontraknya akan habis pada Juni sesuai dengan berakhirnya kalender kompetisi. Pemain juga bisa pindah ke klub lain setelah kontraknya habis.

Baca juga : Real Madrid Incar Tanda Tangan Icardi

Namun, mengingat situasi saat ini membuat pemain yang kontraknya habis pada Juni harus diperpanjang hingga kompetisi benar-benar usai.

FIFA juga mendorong klub dan pemain untuk menemukan solusi pembayaran selama kompetisi ditunda. FIFA juga mendorong ke arbitrase ketika solusi tidak dapat ditemukan antara kedua belah pihak.

"Jadi, FIFA, bersama-sama dengan para pemangku kepentingan, telah datang dengan beberapa ide dan proposal praktis untuk mengatasi keadaan baru ini," kata Presiden FIFA, Gianni Infantino.

"Sementara ini tidak akan menyelesaikan setiap masalah, tapi ini akan berfungsi untuk membawa ukuran stabilitas dan kejelasan sepak bola untuk masa mendatang," tambah Infantino. (Skysports/OL-7)

BERITA TERKAIT