07 April 2020, 22:39 WIB

Wakil Ketua MPR RI Apresiasi Petugas Medis yang Tangani Covid-19


Retno Hemawati | Humaniora

WAKIL Ketua MPR RI Lestari Moerdijat menaruh perhatian pada para petugas medis sebagai garda depan yang menangani pandemi Covid-19. Di saat memperingati Hari Kesehatan Internasional yang jatuh pada 7 April 2020 dan bertepatan dengan suasana di seluruh dunia dia juga memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada para dokter dan tenaga kesehatan yang telah mengorbankan waktu, tenaga dan nyawa.

Masih terkait Covid-19, dia Lestari Moerdijat juga meminta pemerintah secara konsisten dan terukur menjamin ketersediaan fasilitas dan peralatan keamanan bagi para dokter dan tenaga kesehatan, demi menjaga kesinambungan keselamatan dokter dan tenaga kesehatan dalam penanganan wabah Covid-19.

Menurutnya, kehilangan fokus dalam menghambat penyebaran Covid-19, dikhawatirkan menyebabkan ancaman yang sangat serius bagi kondisi kesehatan nasional.

"Saya juga meminta pemerintah membangun sistem informasi kesehatan yang mumpuni, agar mampu menghasilkan data yang akurat dan bisa digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan di Tanah Air," ucapnya melalui pers rilis yang diterima Media Indonesia, Selasa (7/4).

Dia berharap pemerintah bekerja sama dengan asosiasi dokter dan tenaga medis untuk segera memetakan kebutuhan dokter dan tenaga medis di setiap daerah di Tanah Air, sehingga mampu menekan kesenjangan ketersediaan jumlah dokter dan tenaga medis di pusat dan daerah dalam penanganan wabah penyakit.

Terakhir Lestari Moerdijat meminta pemerintah segera mengoordinasikan penggunaan semua laboratorium yang ada di negeri ini untuk mempercepat proses penanggulangan wabah Covid-19. (RO/OL-12)

BERITA TERKAIT