07 April 2020, 20:25 WIB

Bermodal Alokasi Anggaran Rp334 M, Kota Bogor Ajukan PSBB


Dede Susianti | Megapolitan

PEMERINTAH Kota Bogor bersiap mengikuti DKI Jakarta menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Rencana dalam rangka percepatan penanganan virus korona (covid-19) ini ditindaklanjuti dengan pengajuan surat rekomendasi ke Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Selain itu, upaya percepatan penanganan covid-19 ini juga dibarengi dengan penambahan alokasi anggaran.

Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim menyebutkan secara keseluruhan atau total anggaran yang disiapkan sebesar Rp 334 miliar.

Dia menyebut, anggaran sebesar itu berasal dari Biaya Tak Terduga (BTT), pemangkasan anggaran organisasi perangkat daerah OPD dan pemangkasan anggaran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bogor.

Baca juga: Masyarakat Belum Sepenuhnya Peduli Himbauan Pakai Masker

Anggaran tersebut telah dibahas dengan DPRD Kota Bogor pada Rapat Koordinasi DPRD Kota Bogor dengan Wakil Wali Kota Bogor dan Tim Gugus Tugas Covid-19, di Ruang Paripurna, Gedung DPRD, Jalan Pemuda, Kota Bogor, Selasa (7/4).

"Kami sudah memberikan gambaran dan situasi terakhir Gugus Tugas Covid-19 dalam penanganan permasalahan penyebaran korona di Kota Bogor selama hampir 20 hari ini,"ungkap Dedie usai rapat.

Dedie menerangkan, jumlah anggaran Rp 334 Miliar lebih itu akan diperuntukkan dalam tiga tahap penanganan covid-19 di Kota Bogor. Pertama untuk logistik sebesar Rp 210 miliar dan pencegahan Rp 21 miliar.

Tahap kedua untuk program percepatan penanganan covid-19, dengan rincian RW (rukun warga) Siaga Corona dengan biaya Rp 5,7 miliar, paket sembako untuk kebutuhan selama tiga bulan sebesar Rp 38 miliar dan dapur umum Rp 4 miliar.

"Tahap ketiga untuk program pasca bencana, yang meliputi kompensasi retribusi Rp 18 Miliar dan modal usaha IKM dan mikro Rp 16 Miliar. Jadi total sekitar Rp 300 Miliar lebih,"pungkasnya. (OL-4)

BERITA TERKAIT