07 April 2020, 18:55 WIB

Persiapan PON 2020 Terhambat Covid-19


Akmal Fauzi | Olahraga

MENTERI Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali mengakui ada kendala persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2020 Papua karena pandemi virus korona (covid-19). Sejauh pemerintah belum bisa memutuskan apakah PON akan sesuai jadwal atau ditunda.

Zainudin menjelaskan, pengerjaan venue dan persiapan teknis penyelenggaran PON yang rencananya digelar Oktober 2020 mengalami gangguan akibat pandemi covid-19.

“Sekarang saja sudah terganggu di lapangan. pasti daerah lebih konsentrasi untuk mengurus wabah covid ini. Apalagi ada physical distancing yang mengganggu para pekerja,” kata Menpora dalam video conference, Selasa (7/4).

Selain itu, banyak atlet yang melakukan latihan mandiri. Kondisi itu, kata Menpora, menjadi keluhan para atlet yang khawatir tidak bisa maksimal saat PON berlangsung sesuai jadwal.

“Kondisi pelatda mandiri tentu tidak maksimal untuk prestasi hingga pertimbangan untuk minta ditunda. Tapi kita harus memperkuat alasan penundaan kalau itu jadi pilihan,” jelasnya.

Menpora juga menanggapi usulan dari Komisi X DPR RI agar segera memutuskan penyelenggaraan pesta olahraga Tanah Air itu apakah ditunda atau tidak. Menurutnya, masukan itu akan jadi pertimbangan untuk dibawa di rapat kabinet bersama Presiden Joko Widodo.

Zainudin menegaskan, keputusan penyelenggaraan PON sepenuhnya di tangan Presiden. Pihaknya saat ini mengumpulkan informasi baik dari KONI, cabang olahraga serta Pengurus Besar PON.

“Kami sedang kumpulkan informasi yang akan kami tuangkan dalam rapat kabinet dalam waktu dekat. Saya berharap bisa minggu ini, jadi ada informasi tentang PON ini,” jelasnya.

“Kalau ditunda, plannya itu 2021, kami harus cari waktu agar tidak tabrakan dengan agenda lain, misalnya Piala Dunia U-20, maupun Olimpiade dan SEA Games,” lanjutnya. (R-1)

BERITA TERKAIT