07 April 2020, 17:34 WIB

Nilai Tukar Rupiah terus Menguat, BI Optimistis target tercapai


Despian Nurhidayat | Ekonomi

KOMITMEN Bank Indonesia, Pemerintahm dan Otoritas Jasa Keuangan untuj terus menstabilkan nilai tukar rupiah mulai meperlihatkan hasilnya dengan penguatan nilai tukar menjadi Rp16.125 per dolar AS,

Gubernur BI Perry Warjiyo pun menegaskan, kenaikan hari ini mencatatkan hasil yang signifikan, Ia pun optimistis, target Rp15 ribu pee dolar AS pada akhir tahun ini bisa tercapai.

"Nilai tukar rupiah menguat menjadi Rp16.125 per dolar sehingga menguat Rp255 atau 1,56% dari closing kemarin. Sejak minggu lalu, beberapa langkah yang kami lakukan dapat membuat rupiah menguat," ungkapnya dalam video conference, Selasa (7/4).

Baca juga : Nasabah Jiwasraya SP Tagih Lagi Klaim Usai Pandemi

Lebih lanjut, Perry juga mengapresiasi pelaku pasar dan eksportir sehingga bid over berjalan baik dan juga rupiah bergerak stabil bahkan cenderung menguat.

Atas hal tersebut, dia menegaskan bahwa BI akan terus berkomitmen untuk berada di pasar dan stabilkan nilai tukar rupiah. Bahkan, Perry juga mengatakan jika diperlukan intervensi, maka pihaknya akan terus mengajak pelaku pasar dan eksportir untuk ikut menstabilkan nilai tukar rupiah.

"Insya Allah, akhir tahun ini bisa menguat sebesar Rp15 ribu. Dengan stabilitas ini akan banyak waktu bagi kita untuk kuatkan kerja sama untuk mengatasi covid-19 baik kemanusiaan dan juga dampaknya terhadap masyarakat agar kita bisa memulihkan ekonomi kita," pungkas Perry. (OL-7)

BERITA TERKAIT