07 April 2020, 15:20 WIB

​​​​​​​Kementerian Siap Percepat Program Padat Karya Tunai


Andhika Prasetyo | Ekonomi

MENTERI Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan beberapa kementerian telah siap melakukan percepatan pogram-program padat karya tunai yang melibatkan masyarakat secara langsung.

Salah satu contoh adalah Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, yang bekerja sama dengan balai-balai latihan kerja, melaksanakan program pembuatan disinfektan dan masker.

Selain itu, ada Kementerian Pertanian yang menyiapkan program panen raya untuk periode April, Mei, Juni. Masyarakat nantinya akan dilibatkan untuk melakukan panen dan pengolahan pascapanen.

"Ada juga program membuat embung, rehabiltiasi kebun, perpipaan, desa mandiri benih," tutur Airlangga di Jakarta, Selasa (7/4).

Baca juga: Menkeu: 11,9 juta Nasabah KUR Bisa Tunda Cicilan pokok dan Bunga

Kementerian PU-Pera juga menyiapkan program padat karya tunai berupa pembangunan irigasi, pengolahan sampah, pembangunan rumah swadaya dan masih banyak lagi.

Semua upaya tersebut dilakukan demi menjaga roda perekonomian di daerah tetap berputar sehingga daya beli masyarakat tidak terganggu.

"Arahan presiden, mana yang bisa diakselerasi, kita akselerasi. Tetapi tentu dengan mengikuti protokol kesehatan, jaga jarak, gunakan masker," tandasnya. (A-2)

BERITA TERKAIT