07 April 2020, 15:05 WIB

Untuk Pertama Kali, Tiongkok Laporkan Nol Kematian Kasus Covid-19


Haufan Hasyim Salengke | Internasional

KOMISI Kesehatan Nasional Tiongkok (NHC) pada 6 April 2020 melaporkan 32 kasus baru dan tidak ada angka kematian. Itu merupakan pertama kalinya Tiongkok tidak membukukan kematian sejak otoritas setempat memberikan update kasus yang telah dimulai pada Januari lalu.

NHC menyatakan total kasus pasien dengan positif covid-19 di negara itu menjadi 81.740 orang dan 3.331 kematian.

Baca juga: Filipina Perpanjang Masa Lockdown hingga Akhir April

Secara terpisah, ada 30 kasus tanpa gejala baru, yakni orang dinyatakan positif covid-19 tetapi tidak menunjukkan gejala apa pun. Tiongkok memang mulai memasukkan kasus tanpa gejala dalam laporan hariannya sejak April. Pemerintah Tiongkok, Senin, menekankan langkah-langkah untuk mencegah lebih lanjut infeksi covid-19 yang diimpor melalui perbatasan darat.

Penekanan itu dibuat pada pertemuan kelompok terkemuka tanggapan epidemi covid-19 Tiongkok, yang diketuai oleh Perdana Menteri Li Keqiang, yang juga anggota Komite Tetap Biro Politik Komite Pusat Partai Komunis Tiongkok (CPC).

Baca juga:Maroko Wajibkan Warga Gunakan Masker

Menggarisbawahi penyebaran pandemi di luar negeri yang cepat dan meningkatnya risiko kasus impor melalui perbatasan darat, pertemuan itu mendesak pemerintah lokal untuk memperketat pengawasan pelabuhan dan perbatasan. (CNBC/Xinhua/Hym/A-3)

BERITA TERKAIT