07 April 2020, 10:35 WIB

Gandeng BRI, Kakorlantas Polri Cek Suhu Tubuh Driver Ojol


mediaindonesia.com | Ekonomi

MENGAWALI hari pertama pelaksanaan operasi keselamatan dan pencegahan penyebaran virus Covid-19 yang dimulai pada 6 April hingga 19 April 2020, Korlantas Polri bersama Ditlantas Polda Metro Jaya menggandeng Bank BRI melakukan sosialisasi kepada para masyarakat, khususnya para pengguna jalan tentang pelaksanaan Operasi Keselamatan Cegah Covid-19.

Korlantas Polri menggelar operasi keselamatan dengan menggunakan drone untuk mendeteksi suhu tubuh kepada para pengguna jalan, khususnya pengemudi ojek online (ojol) di kawasan Senayan Jakarta, yang masih melakukan aktivitas mencari nafkah ditengah mewabahnya virus Covid-19. Dimana pemerintah pusat memberikan aturan terkait social distancing dan physical distancing. 

Kakorlantas Polri Irjen Pol Drs. Istiono yang memimpin jalannya Operasi Keselamatan 2020 mengatakan, mengatakan drone  juga dapat diifungsikan untuk memberikan edukasi physical distancing melalui pengeras suara yang dihubungkan dengan audio untuk memberikan informasi kepada masyarakat terkait pencegahan Covid-19.

"Alat ini sangat membantu kita, ini akan terus kita gunakan selama musim KLB, nantinya bila ada suhu tubuh di atas 38 derajat akan kami rekomendasikan untuk diambil langkah cepat penanganan dan pencegahan penyebaran virus covid-19," kata Kakorlantas.

Selain melakukan pengecekan suhu tubuh, operasi yang juga dihadiri Direktur Hubungan Kelembagaan & BUMN Bank BRI Agus Noorsanto, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo, Kabagops Korlantas Polri Kombes Pol Benyamin, juga memberikan bantuan sembako kepada para pengemudi ojek online usai diperiksa kesehatannya. Total bantuan yang diberikan Bank BRI adalah Beras @ 5 Kg yang dibagikan kepada sekitar 3000 penerima.

Agus Noorsanto menyampaikan bahwa, dalam kondisi seperti ini, dampak Covid-19 menyentuh seluruh lapisan masyarakat, Bank BRI tergerak untuk membantu para pekerja informal yang terdampak langsung seperti pengemudi ojek online, sehingga mereka dapat terus bekerja melayani masyarakat yang saat ini sangat membutuhkan transportasi dan delivery service, berkenaan dengan aturan pembatasan physical distancing.

"BRI sangat berterima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan Polri kepada BRI selama ini. Kedepannya, Bank BRI optimistis dapat terus memberikan layanan terbaik bagi Kepolisian Negara Republik Indonesia," ujar Agus. (OL-09)
 

BERITA TERKAIT