07 April 2020, 08:22 WIB

Mumpung Di Rumah Saja, Saatnya Mengasah Kemampuan Berbisnis


mediaindonesia.com | Humaniora

DI tengah kelesuan ekonomi akibat pandemi Covid-19, masih ada peluang usaha yang bisa bertahan. Seperti dilakukan oleh Danar Indra, jebolan Indonesian Idol 2005 yang kini menekuni dunia startup untuk UMKM. Penyanyi yang kini memegang jabatan sebagai Co-Founder dan CMO PT. Anak BangsaTerampil, sebuah startup untuk eduasi UMKM itu  mengatakan  bahwa tidak ada alasan berhenti belajar menjadi pengusaha di tengah perekonomian sedang tidak menentu.

"Justru saat ini kita diberi kesempatan untuk belajar bagaimana menjadi pengusaha di tengah tantangan kelesuan ekonomi di tengah pandemi virus korona. Bagaimana kita tetap produktif sehingga ketika kondisi perekonomian kembali pulih, maka kita siap untuk kembali bangkit," kata Danar Indra dalam keterangan tertulis, Selasa (7/4).

Danar mengajak para pelaku UMKM, terutama kaum milenial yang saat ini sedang terdampak usahanya untuk memanfaatkan platform online untuk belajar di rumah.

"Platform pelatihan online memang dirancang untuk lebih leluasa belajar," kata Danar yang juga menjadi dosen di LSPR Jakarta ini.

Dengan adanya platform online, masyarakat bisa belajar apa saja sesuai keinginan. Kuncinya hanya konsisten dan memanfaatkan waktu karena belajar online itu membutuhkan komitmen.

Ia mengatakan dalam krisis seperti saat ini, millennial harus meningkatkan komitmen belajar. Sisi positif, selama di rumah saja, ada banyak waktu mengasah keterampilan dengan ilmu apapun sebanyak-banyaknya. Sebelum terjadi pandemi Covid-19, Danar mengaku justru tidak punya banyak waktu untuk belajar sesuatu dari situs-situs online karena kesibukannya.

"Sekarang ini saya punya cukup waktu luang untuk membaca dan menyaksikan video tutorial guna menambah pengetahuan, sambil menyelesaikan tugas kantor di rumah," tambahnya.

baca juga: Reza Rahadian Peduli UMKM yang Terdampak Covid-19

Ia berharap adanya kesempatan di rumah saja bisa menjadi peluang untuk belajar berbisnis, mendirikan usaha dan mengasah ketrampilan termasuk saat menghadapi hantaman krisis ekonomi seperti sekarang ini. (OL-3)

BERITA TERKAIT