07 April 2020, 01:55 WIB

Riza Siap Satukan Pandangan dengan Anies


MI | Megapolitan

SETELAH ditetapkan sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih dalam sidang paripurna kemarin, Ahmad Riza Patria akan segera menemui Gubernur DKI Anies Baswedan untuk menyamakan pandangan menanggulangi permasalahan Jakarta, termasuk soal pandemi covid-19.

“Insya Allah tugas saya setelah ini akan menghadap Pak Gubernur, bagaimana kebijakan Pak Gubernur terkait permasalahan Jakarta, termasuk penanganan covid-19,” kata Riza.

Menurut Riza, Pemprov DKI telah bersepakat mendukung kebijakan pemerintah pusat untuk bersama-sama menangani covid-19 dengan langkah memutus mata rantai penyebarannya.

“Agar kita bisa kembali bangkit, khususnya ekonomi warga yang ikut terkena dampak,” katanya.

Riza mengatakan untuk mengeksekusi langkah yang disusun dan dibicarakan nantinya, dirinya harus menunggu SK pengangkatan dan
pelantikannya sebagai Wagub DKI. Riza mengaku sudah menjalin komunikasi dengan Nurmansjah Lubis, yang menjadi lawannya dalam bursa pemilihan wagub. Menurutnya, Nurmansjah sudah legawa atas hasil yang ada.

“PKS dan Bang Nurmansjah sudah mengucapkan selamat. Sudah legawa. Ya PKS dan Bang Nurmansjah itu saudara saya,” ucap Riza.

Riza, yang merupakan Ketua DPP Gerindra, memenangi pemilihan suara sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta sisa periode 2017-2022. “Nomor urut pertama Ahmad Riza Patria mendapatkan 81 suara. Nomor urut dua Nurmansjah Lubis mendapatkan 17 suara. Total suara sah 98. Suara tidak sah ada dua,” ungkap Ketua Panitia Pemilihan, Farazandi Fidinansyah.

Nurmansjah Lubis sebelumnya pernah menjadi anggota DPRD DKI Jakarta selama dua periode, sementara dari Partai Gerindra ada Ahmad Riza Patria yang sudah dua kali terpilih sebagai anggota DPR RI. Agenda pemilihan wagub pun menuai pro-kontra. Fraksi PKS dan NasDem sempat meminta agenda tersebut ditunda karena pandemi covid-19. Namun, pada akhirnya kedua fraksi tersebut memberikan suara mereka.

Gubernur Anies Baswedan pun berharap proses selanjutnya, yakni pelantikan, bisa segera terselenggara. “Kepada wagub terpilih, Bapak Riza Patria, saya ucapkan selamat. Insya Allah nanti kita akan bisa bekerja sama dengan baik,” kata Anies.

Berdasarkan PP No 12/2018, kepala daerah ataupun wakil kepala daerah yang terpilih untuk mengisi posisi yang ditinggalkan pemimpin
sebelumnya akan tetap dilantik presiden. “Proses ini dilanjutkan dengan pengusulan kepada Presiden melalui Mendagri dan sesudah itu baru kemudian pelantikan,” ujarnya. (Ins/Put/Ssr/Ant/J-1)

BERITA TERKAIT