06 April 2020, 22:25 WIB

Ketua RT/RW Diminta Tegas Menegakkan Disiplin Masyarakat


Anggitondi Martaon | Megapolitan

KETUA Gugus Tugas Percepatan Pencegahan Covid-19 Doni Monardo mendukung sikap tegas ketua RT/RW terhadap warganya yang tidak mematuhi physical dan social distancing.

Sikap tersebut dianggap efektif menegakkan  kedisiplinan masyarakat dalam menjalankan protokol pencegahan virus korona.

"Ketika ketua RT-nya menegakan aturan tentang social distancing ada yang tidak menurut, ketua RT-nya marah. Ini justru lebih efektif dibanding aparat yang marah," kata Doni saat Rapat Kerja (Raker) bersama Komisi VIII melalui telekonferensi, Jakarta, Senin (6/4).

Dia menyampaikan, ketua RT/RW harus aktif memantau kegiatan warganya. Mereka dianggap lebih mengetahui kondisi warganya. Pemberian sanksi juga bisa dilakukan jika ada warganya yang masih melanggat protokol pencegahan.

"Ada yang tidak mau menurut dengan ketua RT, bisa-bisa nanti izin-izin yang berhubungan administrasi tidak dikasih ketua RT," ungkap dia.

Selain itu, Doni mendukung beberapa RT yang membentuk gugus tugas mandiri. Menurutnya, hal itu sangat membantu pemerintah menghadapi wabah korona.

"Tidak banyak negara yang punya instrumen seperti negara kita. Kekuatan ini menjadi narasi utama kami hari ini bagaimana kolaborasi berbasis komunitas betul-betul bisa dipraktekan di lapangan. Ini adalah bagian penjabaran Pancasila dan gotog royong," ujar dia. (OL-2)

 

BERITA TERKAIT