06 April 2020, 22:09 WIB

Ketua DPRD Klaim Pilwagub DKI Berlangsung Secara Transparan


Insi Nantika Jelita | Megapolitan

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi membantah rapat paripurna pemilihan wakil gubernur (pilwagub) berjalan secara tidak transparan. Menurutnya, panitia pemilihan (panlih) sudah kooperatif membantu awak media dalam peliputan agenda tersebut.

"Kan kita buka live streaming di YouTube, kita buka. Publik tetap bisa melihat," kata Prasetyo di Jakarta, Senin (6/4).

Baca juga: Kalah di Pilwagub DKI, PKS tanpa Teman di Politik Nasional

Awak media memang tidak diperkenankan meliput langsung di dalam ruangan paripurna di Gedung DPRD DKI Jakarta, Kebon Sirih, Jakarta Pusat. Panlih dan pimpinan DPRD berkilah langkah tersebut untuk mencegah adanya kerumunan.

Jajaran legislatif itu, katanya, menjunjung imbauan pemerintah soal physical distancing atau menjaga jarak ditengah situasi pandemi covid-19.

Saat pemilihan pun, anggota dewan yang hadir dibagi dua kloter untuk mencoblos. Panlih juga mengatur meja agar diberikan jarak satu sama lain. Anggota dewan yang hadir juga menggunakan masker, pun dengan Gubernur Anies Baswedan.

Baca juga:Ini yang akan Ditagih DPRD kepada Wagub Terpilih Riza Patria

Prasetyo menegaskan tidak ada masalah soal pelaksanaan pemilihan DKI-2 yang digelar pagi tadi pada 10.30 wib.

"Apa yang kita laksanakan hari ini secara konstitusional itu semua izin komplet. Pemberitahuan kepada Polda juga komplet dengan aturan-aturan yang sudah kita laksanakan," tukas Prasetyo.

Kurang dari dua jam, paripurna pemilihan wakil gubernur selesai. Hasilnya, Ketua DPP Gerindra Ahmad Riza Patria menang telak dari pesaingnya yakni politikus PKS, Nurmansjah Lubis.

Riza bakal membantu Anies dalam kurun waktu dua tahun kedepan. Masalah pandemi covid-19 menjadi prioritas wagub dan gubernur untuk segera ditangani di Ibu kota. (Ins/A-3)

BERITA TERKAIT