06 April 2020, 21:14 WIB

Kemenhub Pastikan Seluruh Transportasi tidak Ditutup


Hilda Julaika | Ekonomi

MENTERI Perhubungan Ad Interim Luhut Binsar Pandjaitan memastikan seluruh layanan transportasi nasional baik darat, laut dan udara berjalan normal alias tidak ada penutupan.

Hal ini untuk menanggapi adanya permintaan penutupan bandara maupun pelabuhan di daerah tertentu.

"Pelayanan transportasi di wilayah operasional bandar udara, pelabuhan, terminal, stasiun dan sarana transportasi lainnya tetal berjalan dengan mengoptimalkan pengawasan serta mengacu pada protokol kesehatan dalam rangka pencegahan penyebaran covid-19," tulis Luhut dalam surat yang ditandatangani Senin, (6/4).

Adapun melihat situasi pandemi covid-19 ini, Kementerian Perhubungan mengimbau untuk diperlukan adanya peningkatan pengamanan dan pengawasan pergerakan orang dan atau barang oleh pengelola prasarana transportasi bersama stakeholder terkait. Adapun rujukannya berdasarkan dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang telah ditetapkan.

Dalam surat edaran (SE) nomor PL. 001/1/4 Phb 2020 untuk melakukan penutupan fasilitas yang merupakan objek vital nasional. Seperti bandar udara, pelabuhan, terminal, stasiun dan prasarana transportasi lainnya diperlukan koordinasi dengan pemerintah pusat.

"Dalam hal akan dilakukan penutupan atau penghentian operasional prasarana transportasi sebagaimana dimaksud kiranya harus berkoordinasi dengan pemerintah pusat," jelasnya.

Berdasarkan ini, menteri Luhut menyampaikan imbauan ini kepada kepala daerah di seluruh Indonesia. Sekaligus mengimbau agar tidak melakukan penutupan fasilitas transportasi yang ada di wilayahnya. (OL-2)

 

BERITA TERKAIT