07 April 2020, 00:10 WIB

Slank Lo Harus Grak


Atikah Ishmah Winahyu | Humaniora

PENYEBARAN virus korona baru cCovid-19) mempengaruhi banyak sektor masyarakat Indonesia. Untuk membantu kesulitan yang timbul akibat pandemi covid-19, grup musik Slank menggalang dana lewat platform berbagi BenihBaik.com bertajuk Lo Harus Grak. 

Maksud tajuk aksi bukan berarti bergerak keluar rumah yang berlawanan dengan imbauan pemerintah untuk tinggal di rumah. Melalui aksi ini, Slank ingin menggerakkan hati masyarakat Indonesia untuk bahu-membahu mengatasi masalah pandemi saat ini. 

"Bukan gerakin kaki keluar rumah, atau gerakin tangan di jalan. Tapi gerakin hati lo. SLANK ngajak kalian semua untuk bahu membahu ngelawan VIRUS," tulis Slank melalui akun Instagram miliknya. 

Gitaris Slank Mohammad Ridwan Hafiedz atau yang akrab disapa Ridho mengaku terketuk hatinya melihat situasi sekarang ini. Banyak anggota masyarakat yang membutuhkan uluran tangan dan sudah sewajarnya bagi yang lebih mampu untuk ikut membantu.

"Motivasi sih sebenarnya ingin membantu orang-orang yang membutuhkan, seperti tenaga kesehatan mereka butuh APD (alat pelindung diri) dan lain-lainnya. Mudah-mudahan dengan dana yang terkumpul kita bisa membantu menyumbang," kata Ridho saat dihubungi Media Indonesia, Senin (6/4).

Menurut Ridho, ini bukan lagi saatnya untuk saling menyalahkan, melainkan saling bahu-membahu agar semakin banyak masyarakat yang terbantu. Pria kelahiran Ambon ini menuturkan, dari dana yang terkumpul di BenihBaik.com, akan digunakan untuk membeli masker, hand sanitizer, dan APD lain yang memang sangat dibutuhkan masyarakat.

"Pengennya sih beli masker yang benar-benar dibutuhkan, yang langka untuk didapat saat ini. Hand sanitizer, APD, pengin kita coba kumpulkan dananya untuk bisa kita beli barangnya dan kita salurkan kepada yang membutuhkan," terangnya.

Ridho pun berpesan pada masyarakat untuk tetap mematuhi imbauan pemerintah melakukan physical distancing, tetap di rumah saja, dan selalu menjaga kebersihan tubuh. Dia juga meminta masyarakat untuk tidak mudik atau pulang ke kampung halaman hingga pandemi ini benar-benar berakhir demi keselamatan diri sendiri dan orang lain.

"Kalau dari gua pribadi sih, ikuti aja imbauan pemerintah untuk stay di rumah dan kalau memang harus keluar juga physical distancing harus diperhatikan. Terus kalau buat gua imbauan tetap harus jangan mudik deh kalau lebaran karena faktanya kan di Tiongkok banyak yang mudik untuk Imlek ternyata penyebarannya makin gila," tandasnya.

Berdasarkan penelusuran Media Indonesia, penggalangan dana yang diinisiasi Slank di platform BenihBaik.com hingga kini telah mencapai Rp 9.539.583 dengan sisa waktu pengumpulan 77 hari lagi.


Olahraga

Sebelumnya, vokalis Slank, Kaka, juga menyarankan masyarakat agar tetap di rumah saja selama wabah melanda. Anjuran tersebut ia sampaikan melalui video yang diunggah di akun facebook Slank pada (28/3).

"Untuk semuanya dari gue, Kaka Slank mau ngingetin untuk di rumah saja. Sekarang ini waktunya kita menahan diri untuk tidak keluar rumah,” ujar Kaka.

Kaka menambahkan, berdiam diri di rumah harus diimbangi dengan tetap berolahraga agar daya tahan tubuh meningkat. "Pokoknya tetap bergerak olahraga walau itu cuma di rumah. Karena dengan disiplin semacam inilah, kita akan mampu mengurangi penyebaran virus covid-19 ini," sambung Kaka. (H-3)

BERITA TERKAIT