07 April 2020, 01:15 WIB

'Bagaimana Mencegah Virus Corona’ Tren Teratas Google Indonesia


Fathurrozak | Weekend

Google Indonesia menyajikan data tren penelusuran seputar pandemi covid-19 dalam sebulan terakhir di Indonesia. Fitur Google Trends digunakan sebagai alat untuk melihat tren penelusuran dengan menunjukkan intensitas penelusuran suatu istilah di mesin pencari Google. Data ini memiliki relativitas dengan volume penelusuran situs selama periode tertentu.

Pada Maret, banyak masyarakat Indonesia yang mempelajari covid-19. Ini tecermin dari data yang diperoleh mesin pencari Google. Seperti penelusuran terkait gejala, cara penyebaran, pencegahan, hingga kabar terbaru terkait peta penyebaran di Indonesia. Google Indonesia merilis data tren penelusuran teratas terkait pertanyaan seputar dan sehubungan dengan covid-19.

Tanggal 16 Maret menjadi puncak minat penelusuran. Tren teratas ialah pertanyaan ‘bagaimana cara mencegah virus corona.’ Dari data yang disajikan Google Indonesia, kata kunci tersebut meningkat hingga lebih dari 3,840% pada Maret. Sementara itu, minat penelusuran untuk "bagaimana penyebaran virus corona" melonjak + 3. 010%.

Namun, dalam sepekan terakhir (per 3 April), Google Indonesia melihat topik utama penelusuran seputar covid-19 didominasi terkait kata kunci gejala. Pertanyaan seperti ‘gejala-gejala orang yang terkena covid-19’ dicatat alami lonjakan penelusuran hingga +9.800%. Tren penelusuran terkait pertanyaan seputar covid-19 didominasi oleh kata kunci berikut; berapa hari masa inkubasi covid-19, apa saja tanaman herbal yang dapat mencegah covid 19, apa saja bahan-bahan yang bisa digunakan untuk membuat hand sanitizer sendiri, apa nama binatang yang diduga menjadi penyebab covid 19, dan jelaskan penyebab seseorang terpapar covid 19.

Tren penelusuran dalam sepekan terakhir tampaknya menjadi perkembangan dari tren penelusuran Maret. Pada bulan lalu, menampilkan kata kunci seperti bagaimana penyebaran virus corona, cara menangani virus corona, cara mengobati, dan tips mencegah virus corona masuk ke dalam 10 kata kunci tren teratas periode tersebut. Tampaknya, ketika orang-orang mulai mengetahui cara dan tips mencegah, kata kunci penelusuran dalam sepekan bergeser ke hal yang lebih spesifik seperti pencarian bahan yang bisa digunakan untuk membuat hand sanitizer. Sementara itu, Google Indonesia juga menyajikan data dalam sepekan yang memperlihatkan provinsi yang memiliki minat tertinggi dalam pencarian terkait covid-19 berasal dari Bali. (M-2) 

BERITA TERKAIT