06 April 2020, 15:25 WIB

PMJ Siapkan Personel Khusus Bantu Proses Pemakaman Jenazah


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Megapolitan

Polda Metro Jaya (PMJ) secara khusus menyiapkan empat personelnya untuk bertugas membantu proses pemakaman jenazah yang positif covid-19.

Sebelumnya PMJ telah membentuk tim yang terdiri atas 60 personel. Tim khusus ini dibagi dua dan tugasnya untuk mengawal proses pemakaman jenazah pasien covid-19.

"Sebanyak empat orang anggota dari masing-masing tim bertugas untuk membantu proses pemakaman bila diperlukan oleh petugas pemakaman," ujar Direktur Samapta Kombes Pol M Ngajib kepada Media Indonesia, Senin (6/4).

Tujuannya, lanjut Ngajib, untuk mengantisipasi adanya penolakan pemakaman dan bila tidak ada yang memakamkan jenazah. "Kami sudah siap untuk membantu proses pemakanannya dan personel yang khusus turun langsung akan dilengkapi alat pelindung diri (APD)," tambahnya.

Baca juga: Tak Bisa Menulari, Jangan lagi Tolak Jenazah Pasien Covid-19

Para personel khusus ini disiapkan di dua TPU yang ditunjuk untuk dijadikan tempat pemakaman jenazah covid-19, yaitu TPU Tegal Alur Jakarta Barat dan TPU Pondok Rangon Jakarta Timur.

"Ada tiga kelompok yang bertugas mengawal pemakaman. Kelompok pertama, sebanyak dua tim. Masing-masing tim ada 30 personel. Mereka akan bertugas untuk memberikan pengamanan, imbauan, dan menghalau masyarakat atau keluarga jenazah yang melakukan penolakan pemakaman. Sebanyak empat personel yang menggunakan APD disiapkan untuk membantu proses pemakaman bila diperlukan atau tidak ada petugas pemakaman jenazah," paparnya.

Tim kedua, kata Ngajib, adalah tim pengawalan yang dilengkapi 11 mobil patroli untuk mengawal ambulans yang membawa jenazah covid-19 ke TPU.

"Ketiga, tim pemulasaran jenazah. Jumlahnya 20 personel. Tim ini akan bergabung dengan gugus tugas Provinsi Jakarta untuk membantu pemulasaran jenazah dari rumah," ucap Ngajib.

Ngajib mengatakan seluruh personel telah melakukan latihan khusus dengan Dinas kesehatan Provinsi Jakarta sebanyak dua kali latihan. (OL-14)

 

BERITA TERKAIT