06 April 2020, 11:43 WIB

Presiden Minta Penanganan Covid-19 Dipercepat


Andhika Prasetyo | Humaniora

PRESIDEN Joko Widodo terus menyerukan percepatan pelaksanaan rapid test dan pemeriksaan spesimen di laboratorium. Mengingat, kasus virus korona (covid-19) di Indonesia semakin meningkat.

Jokowi, sapaan akrabnya, berharap dengan percepatan itu pemerintah bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal terkait data pasien covid-19 di Tanah Air.

"Sekali lagi, kecepatan rapid test, pemeriksaan di laboratorium agar didorong lagi, ditekan lagi agar lebih cepat. Dengan kecepatan itu kita bisa mengetahui siapa yang telah positif dan siapa yang negatif," ujar Jokowi saat memimpin rapat terbatas melalui telekonferensi, Senin (6/4).

Baca juga: Covid-19 Meluas, Ini Imbauan PGI Terkait Ibadah Paskah

Kepala Negara juga kembali menekankan tenaga medis dan orang-orang berisiko tinggi, seperti orang dalam pengawasan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP), harus diprioritaskan dalam tes cepat.

Selain itu, presiden juga menyoroti pengadaan alat pelindung diri (APD) dan alat kesehatan lainnya. Dia meminta Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mengawasi proses distribusi alat kesehatan ke berbagai rumah sakit dengan ketat.

"Kita sudah mendistribusikan, misalnya ke sebuah provinsi di daerah. Tetapi di daerah itu juga harus diawasi. Dilihat betul apakah sudah didistribusikan ke rumah sakit," pungkas Jokowi.(OL-11)

 

BERITA TERKAIT