06 April 2020, 11:00 WIB

Kapten USS Roosevelt Positif Covid-19


Basuki Eka Purnama | Internasional

KAPTEN kapal induk Amerika Serikat (AS) USS Theodore Roosevelt yang dipecat karena meminta agar awak kapalnya dievakuasi karena wabah virus korona dipastikan positif covid-19.

Hasil tes covid-19 Kapten Brett Crozier dilansir oleh New York Times, Minggu (5/4), beberapa jam setelah Menteri Pertahanan AS Mark Esper harus membela keputusan pemecatan perwira Angkatan Laut itu.

Esper, dalam wawancara dengan ABC, mengatakan Kepala Staf Angkatan Laut Thomas Modly telah membuat keputusan memecat Crozier.

Baca juga: Harimau di Kebun Binatang Bronx Positif Covid-19

Ketika ditanya apakah pemecatan itu terjadi karena permintaan Presiden Donald Trump, Esper menjawab, "Ini adalah permintaan kepala staf. Dia datang dan mengatakan kepada saya. Ini sepenuhnya keputusan kepala staf dan saya mendukungnya."

Pemecatan Crozier itu dikecam banyak pihak sebagai berlebihan dan tidak adil atas keputusan seorang komandan yang mengkhawatirkan keselamatan anak buahnya saat dia meminta agar pemerintah AS segera mengevakuasi kapal induk itu.

"Kita tidak sedang perang. Pelaut tidak perlu mati karena ini," ungkap Crozier dalam surat yang kemudian didapatkan media massa.

Namun, sejumlah pejabat senior Pentagon menuding Crozier melakukan kesalahan karena membiarkan suratnya bocor kepada publik.

"Crozier menunjukkan kebijakan yang tidak tepat di saat krisis sehingga membuat anggota keluarga awaknya resah," ujar Modly.

Ratusan pelaut memberikan sambutan meriah saat Crozier turun dari USS Roosevelt. Beberapa dari mereka menyebut komandan merek itu sebagai pahlawan.

Partai Demokrat juga mengecam pemecatan Crozier itu.

Joe Biden, calon terkuat untuk menjadi kandidat presiden AS dari Partai Demokrat, menyebut pemecatan Crozier sebagai aksi kriminal.

"Dia seharusnya mendapatkan penghargaan bukan dipecat," tegas Biden. (AFP/OL-1)

 

BERITA TERKAIT