06 April 2020, 06:18 WIB

Ratusan Pemudik Tiba di Labuan Bajo


John Lewar | Nusantara

HAMPIR seribu orang pemudik tiba di Dermaga Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Minggu (5/4) malam. Mereka datang dari Pulau Jawa, Bali, Lombok, dan Sumbawa menggunakan jasa angkutan KM Tilong Kabila.

Sebanyak 943 orang yang umumnya adalah pelajar dan pekerja asal Flores Barat itu pulang kampung tanpa rasa waswas di tengah merebaknya pandemi virus korona (covid-19) di Tanah Air.

Saat tiba di Labuan Bajo, para penumpang diperiksa kesehatan mereka dan mengisi formulir kesehatan yang mencantumkan alamat serta nomor ponsel mereka sehingga memudahkan pemantauan petugas medis.

Baca juga: Bupati dan Wali Kota di Jambi Siap Lawan Korona

Kepala Karantina Kesehatan Pelabuhan Labuan Bajo Marsel Elias mengatakan ke-943 penumpang itu wajib menjalani karantina mandiri.

Dari 943 penumpang itu, terbanyak berasal dari Kabupaten Manggarai Barat sebanyak 750 orang, Kabupaten Manggarai Ruteng 150 orang, dan sisanya Kabupaten Manggarai Timur (23) serta Kabupaten Ngada (20).

Dari 943 orang itu, tujuh balita dan 13 orang dewasa dipisahkan oleh petugas karantina kesehatan karena suhu tubuh mereka berada di atas batas normal.

"Jadi, setelah dicek, 7 balita dan 13 dewasa memiliki suhu di atas batas normal. Karenanya, mereka dianjurkan beristirahat yang cukup diikuti konsumsi makanan yang mengandung gizi. Mereka juga diminta melakukan kontrol ke petugas kesehatan di kampung masing-masing," jelas Marsel saat dihubungi Senin (6/4). (OL-1)

BERITA TERKAIT