06 April 2020, 05:25 WIB

Harimau Sumatra Berkeliaran Resahkan Warga Jambi


Media Indonesia | Nusantara

WARGA di beberapa desa di Kecamatan Batang Merangin, Kabupaten Kerinci, diresahkan oleh ulah dua ekor harimau sumatra yang berkeliaran di luar habitat mereka di hutan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS).

Berdasarkan informasi, kedua ekor harimau dengan panjang badan hampir dua meter itu terlihat berkeliaran di perladangan dan di tepi jalan raya di Desa Muaraemat.

“Ada dua ekor yang berkeliaran sejak tiga hari lalu. Sudah dilaporkan ke pihak berwenang. Mudah-mudahan bisa ditemukan dan digiring kembali masuk ke habitat mereka oleh petugas dari Balai TNKS,” kata Ardi, warga Muaraemat.

Secara terpisah, Kepala Seksi Balai TNKS Wilayah Satu, Nurhamidi, membenarkan adanya laporan dua ekor harimau yang berkeliaran disekitar Muaraemat.

Dia mengatakan bahwa beberapa petugas dari Balai TNKS sudah turun ke lokasi dengan dibantu tim BKSDA dari Jambi. Kedua ekor harimau itu, kata Nurhamidi, akan diupayakan untuk dikembalikan ke dalam hutan TNKS.

Terpisah, pada Sabtu malam, Kepolisian Resort Tanjungjabung Barat, Jambi membekuk seorang pria yang membawa ribuan ekor burung berbagai species yang dilindungi.

Pelaku ditangkap di Km 138 ruas jalan Lintas Timur di wilayah Pelabuhan Dagang, Kecamatan Tungkal Ulu. Kapolres Tanjungjabung Barat Ajun Komisaris Besar Guntur Saputro mengatakan penangkapan pelaku sekitar pukl 21.00 WIB. Pada malam itu, aparat dari Polsek Tungkal Ulu memergoki pelaku saat sedang menggelar operasi Cipta Kondisi di kawasan pelabuhan Dagang. (SL/N-3)

BERITA TERKAIT