06 April 2020, 04:50 WIB

Satu Keluarga Tewas Tertimbun Tanah Longsor di Toraja


Media Indonesia | Nusantara

TANAH longsor yang melanda wilayah Lembang Randanbatu, Kecamatan Makale Selatan, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan, menelan tiga korban jiwa yang merupakan satu keluarga.

Ketiga korban tersebut ialah bapak bernama Bottong, 80, ibu bernama Rita, dan anak laki-laki bernama Yen, 12. Ketiganya tewas tertimbun tanah longsor yang menimpa rumah mereka.

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tana Toraja, Alfi an Andi Lolo, longsor terjadi akibat hujan deras yang mengguyur wilayah itu pada Sabtu (4/4) malam.

Secara terpisah, hujan deras juga melanda wilayah Banyumas dan Cilacap, Jawa Tengah, yang mengakibatkan banjir bandang dan tanah longsor, Sabtu (4/4) malam.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Namun, warga menderita kerugian akibat sejumlah kerusakan. Kepala Pelaksana Harian BPBD Banyumas, Titik Puji Astuti, mengatakan setidaknya ada tujuh desa di Kecamatan Gumelar dan Lumbir yang dilanda bencana tersebut.

Di Desa Sumbergede, Kecamatan Kepohbaru, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, terjadi banjir akibat luapan Kali Kerjo yang mengakibatkan 30 rumah dan jalan sepanjang 100 meter terendam setinggi 80 cm.

Banjir luapan anak sungai Bengawan Solo itu juga merendam lahan tanaman padi yang akan dipanen seluas 40 hektare. (LN/LD/YK/N-3)

BERITA TERKAIT