06 April 2020, 08:30 WIB

Rekomendasi Film: Tiger King, Kegilaan Pengeksplotasi Harimau


Fathurrozak | Weekend

TIGER King pertama kali tayang di Netflix pada 20 Maret. Film ini berkisah eksploitasi hewan, khususnya harimau, oleh kepemilikan privat. 

Joseph Maldonado Passage, atau yang dikenal dengan nama Joe Exotic, adalah pemilik kebun binatang G.W. Zoo (Greater Wynnewood Exotic Animal Park), di Oklahoma, Amerika. Pria narsis dengan dandanan nyentrik ini menjadikan dirinya sendiri sebagai bintang di kebun binatang itu dengan atraksi bersama kucing-kucing besarnya. 

Namun, dalam rekaman dokumenter arahan Eric Goode dan Rebecca Chaiklin ini tidak jarang memperlihatkan aksi Joe yang brutal. Ia tidak segan mengarahkan senjata api ke binatang yang tidak mau menuruti perintahnya. 

Kemudian ada sosok Baskin, pemilik dan pengelola suaka harimau Big Cat Rescue yang berseberangan dengan Joe. Mulanya, Baskin seperti sosok yang mulia namun nyatanya keadaan suaka harimaunya tidak berbeda dengan kebun binatang Joe. Bedanya Baskin tidak terang-terangan mengikatkan senjata api di pinggangnya. 

Eric-Rebecca tampaknya menempatkan dua karakter utama di dalamnya melalui perseteruan Joe Exotic-Carole Baskin. Meski, bumbu drama yang mencengangkan tidak hanya berhenti di dua tokoh itu. Karakter titular, juga tidak kalah 'drama queen-nya.'

Misalnya kehadiran Bhagavan Antle (Doc Antle) dan Jeff Lowe. Kehadiran dua tokoh ini, mungkin memperkuat premis para penyuka/pemelihara kucing besar adalah sosok yang mendominasi. 

Joe membuat situasi seolah para pekerjanya tidak memiliki pilihan lain selain harus bekerja di kebun binatangnya. Joe merekrut para mantan napi. Selain itu, ia yang gay selalu mengincar para lelaki hetero yang usianya jauh di bawah usianya untuk dijadikan pasangan. 

Sementara itu, Jeff Lowe adalah lelaki yang kerap berkeliaran di kasino di Las Vegas dan membawa anakan harimau untuk memikat pasangan seksnya. Doc Antle, selalu melakukan 'ritual' meniduri para pekerja perempuannya. Kekacauan hidup Joe sekaligus keberlangsungan kebun binatangnya dimulai saat ia terjun ke politik, mencalonkan diri sebagai gubernur Oklahoma. 

Dengan daya jangkau yang bukan hanya menyoroti eksploitasi harimau, melainkan juga masuk pada ruang privat, Tiger King menjadi kaya dengan berbagai dimensi cerita. Namun, juga masih meninggalkan misteri. 

Misteri yang hingga kini masih menjadi pertanyaan tentu saja hilangnya mantan suami kedua Carole Baskin, Don Lewis yang seorang milyuner. Beberapa bukti dimunculkan yang mengarahkan ke indikasi keji pengumpanan Don ke harimau di Big Cat Rescue.

Dalam laporan National Geographic pada November tahun lalu, setidaknya ada 5000 harimau di Amerika, termasuk menjadi peliharaan pribadi atau sebagai bagian dari bisnis hiburan. Menjadikan angka tersebut jumlah yang lebih banyak ketimbang populasi di alam liar.

Tiger King adalah gambaran gamblang betapa kendornya peraturan di Amerika Serikat terhadap penguasaan harimau di negara tersebut. Diperdagangkan bebas dan harimau yang dianggap sudah tidak menguntungkan, akan disingkirkan. 

Dalam dokumenter ini, juga begitu terlihat motivasi orang-orang yang begitu oportunis. Di luar pengungkapan eksploitasi harimau di Amerika, Tiger King: Murder, Mayhem, and Madness adalah docuseries kriminal yang juga menyuguhkan kegilaan drama manusia dengan segala keoportunisannya, pengkultusan diri, dan hipokrit. (M-1)

BERITA TERKAIT