05 April 2020, 19:25 WIB

Enam Pasar Tradisional di Depok Terapkan Belanja Daring


Kisar Rajagukguk | Megapolitan

SEBANYAK enam pasar tradisional di wilayah Kota Depok menerapkan belanja kebutuhan pokok dengan online (daring). Upaya ini untuk antisipasi sebaran virus korona atau covid-19.

Yakni Pasar Tugu, Pasar Cisalak, Jalan Raya Bogor, Kecamatan Cimanggis. Pasar Sukatani, Jalan Pipa Gas Utama, Sukatani. Pasar Agung, Jalan Merdeka, Kelurahan Mekarjaya, Sukmajaya. Pasar Musi, Pasar Depok Jaya, dan Pasar Kemirimuka, Jalan Arief Rahman Hakim, Kecamatan Beji, Kota Depok.

Walikota Depok Idris Abdul Shomad yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mengatakan, pengembangan pasar daring untuk melancarkan arus lalu lintas dan mengurangi kerumunan massa. Tujuan utamanya untuk memutus mata rantai persebaran Covid-19.

Sejak dibelakukannya pasar daring di enam Pasar Tradisional yang dimulai sejak tanggal 30 Maret 2020, kata Idris konsumen yang berbelanja ke pasar-pasar tradisional jauh berkurang dari biasanya. Hal itu karena orang yang berbelanja sudah memanfaatkan jasa ojek online (Ojol).

Dengan sistem tersebut, menurutnya konsumen cukup menghubungi pedagang secara langsung menggunakan handphone, yang nomornya sudah diinformasikan masung-masing pengelola pasar kepada masyarakat.

Dikatakan, untuk harga dengam tarif normal sesuai kesepakatan penjual dengan pembeli. Dan, ongkos kirim ojek dibebankan kepada pembeli.

"Banyak masyarakat yang dimudahkan dalam membeli kebutuhan dapur. Bagi pedagang tetap berjualan. Begitu juga sesama pengojol dapat berperan dalam pengiriman barang-barang yang dipesan, " ungkap Idris dalam pesan tertulisnya, Minggu (5/4). (OL-13)

BERITA TERKAIT