05 April 2020, 09:15 WIB

UEFA Targetkan Liga Champions dan Liga Europa Selesai 3 Agustus


Gregorius Gelino | Sepak Bola

PRESIDEN UEFA Aleksander Ceferin berniat menyelesaikan kampanye Liga Champions dan Liga Europa musim 2019--2020 pada 3 Agustus mendatang. Dua kompetisi teratas Eropa tersebut sedang dihentikan sementara akibat pandemi virus korona yang melanda sejumlah negara-negara Eropa.

Ceferin berniat menyelesaikan kedua kompetisi tersebut agar tidak mengganggu kompetisi musim depan.

Ia juga optimistis Covid-19 bisa mereda lebih cepat dan menggelar Liga Champions dan Liga Europa lebih cepat pula.

"Liga Champions dan Liga Europa harus selesai pada 3 Agustus. Ini adalah situasi luar biasa, jadi kita harus fleksibel dalam menentukan jadwal dan waktu kick off. Jika krisis ini berakhir lebih cepat, kita bisa mulai lebih awal," ujar Ceferin.

Baca juga: UEFA Cabut Larangan Siaran Langsung Liga Inggris

"Kita bisa bermain dengan sistem yang ada atau dengan memainkan satu pertandingan di tempat netral. Saat ini, itu opsi yang ada untuk memainkan babak delapan besar atau empat besar," jelasnya.

"Satu-satunya keputusan yang salah adalah bermain dengan membahayakan kesehatan dan keamanan pemain, fans, dan wasit. Tapi jika kita berada dalam situasi yang aman, saya tidak melihat adanya masalah," pungkasnya.

Menurut data John Hopkins, kasus korona global telah melampaui 1 juta kasus. Dari jumlah tersebut, lebih dari 64 ribu pasien meninggal dan lebih dari 245 ribu pasien berhasil sembuh. (OL-1)

BERITA TERKAIT