04 April 2020, 12:46 WIB

Kak Seto Bagi Tips GEMBIRA di Tengah Pandemi Covid-19


Atikah Ishmah Winahyu | Humaniora

PANDEMI virus korona (Covid-19) membuat masyarakat tidak leluasa beraktivitas di luar rumah. Pemerintah pun telah mengimbau masyarakat untuk melakukan pembatasan jarak fisik (physical) distancing dengan melakukan kegiatan di dalam rumah guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Psikolog anak Seto Mulyadi mengatakan, momen physical distancing ini menjadi kesempatan bagi masyarakat yang biasanya tidak memiliki waktu luang/melupakan kebersamaan dengan keluarga karena harus pergi bekerja, agar dapat kembali memupuk keharmonisan dengan keluarga.

"Mari kita jadikan kesempatan berada di dalam keluarga kita menemukan keharmonisan kembali dalam keluarga. Kita bisa berdialog kembali, yang selama ini mungkin tidak ada komunikasi, kita menemukan sinergi yang luar biasa. Ibaratnya seperti sapu lidi dengan kebesamaan ternyata menjadi kuat," kata pria yang akrab disapa Kak Seto itu dalam konferensi pers di Graha BNPB, Jakarta, Sabtu (4/4).

Kak Seto kemudian membagikan tips GEMBIRA agar masyarakat tetap dapat menjaga energi positif dan menghilangkan rasa bosan selama melakukan physical distancing. Dia menjelaskan, kata GEMBIRA memiliki makna di setiap hurufnya.

"Salah satu resep yang saya kembangkan pada anak dan cucu dalam keluarga saat ini adalah tetap GEMBIRA, tapi itu adalah singkatan dari huruf-huruf yang bisa kita berikan makna," tuturnya.

Baca juga: Mendikbud Siapkan 5 Strategi Benahi Pendidikan

Huruf G berasal dari kata gerak, yang berarti tetap melakukan kegiatan seperti senam pagi, membersihkan rumah, mencuci baju, dan lainnya. Menurut Kak Seto, dengan bergerak maka energi akan terisi kembali karena darah mengalir lancar di dalam tubuh.

Huruf E berarti emosi cerdas, Kak Seto mengimbau para orang tua agar tetap cerdas mengolah emosi selama menghadapi anak-anak di rumah. Emosi atau rasa marah dapat diekspresikan tanpa merusak persahabatan dengan buah hati.

Huruf M merepresentasikan makan dan minum yang sehat serta bergizi. Huruf B berarti beribadah dan berdoa di rumah, mendekatkan diri dengan Tuhan sehingga tetap merasa tenang, percaya diri, dan kreatif dalam menghadapi permasalahan ini.

Huruf I yaitu istirahat dengan cukup, gunakan masa physical distancing ini untuk memperbaiki tubuh yang lelah akibat aktivitas padat yang biasa dilakukan sehari-hari sebelum ada imbauan dari pemerintah. 

Huruf R yaitu rukun dan ramah dalam keluarga. Masa ini dapat digunakan untuk memupuk kekompakan dan kerukunan dengan keluarga. Terakhir, huruf A yaitu aktif berkarya, gunakan waktu luang yang dimiliki untuk menciptakan karya apa saja seperti puisi, cerpen, melukis, memasak, dan lainnya yang dapat memancing kreativitas.

"Mudah-mudahan dengan kegembiraan bisa merasa lebih kompak," tandasnya. (A-2)

BERITA TERKAIT