04 April 2020, 14:30 WIB

Klub Liga Primer Inggris Sepakat Potong Gaji Pemain Hingga 30%


Rahmatul Fajri | Sepak Bola

KLUB Liga Primer Inggris sepakat untuk memotong gaji atau menunda hingga setahun ke depan 30% dari gaji tahunan para pemain imbas krisis keuangan yang disebabkan pandemi virus korona atau Covid-19.

"Klub-klub Liga Premier dengan suara bulat setuju untuk berkonsultasi dengan pemain mereka mengenai kombinasi pengurangan bersyarat dan penundaan sebesar 30% dari total upah tahunan," kata Liga Premier dalam sebuah pernyataan, Jumat (3/4).

Baca juga: Hati Emas Marcus Rashford

Namun, kesepakatan itu masih harus dibahas dengan Asosiasi Pemain Profesional atau PFA dan otoritas Liga Primer pada Sabtu ini.

Pengurangan gaji para pemain selama pandemi Covid-19 menjadi perbincangan hangat di Inggris. Sekretaris bidang Kesehatan Britania Raya Matt Hancock sempat mengkritik para pemain Liga Primer Inggris yang tidak berkontribusi untuk melawan pandemi Covid-19. Ia meminta para pemain memotong gaji dan membantu sesama.

Menteri Olahraga Britania Raya Nigel Huddle mengatakan memotong gaji pemain adalah keputusan yang tepat di tengah krisis saat ini. Huddle mengatakan klub harus melihat kondisi karyawan yang kehilangan pekerjaan selama kompetisi diliburkan.

Selain itu, klub juga harus berkontribusi untuk membantu negara melawan Covid-19. "Penting bagi klub liga primer untuk membantu upaya nasional dalam penanggapi pandemi ini. Saya akan terus bekerja sama dengan pihak yang berwenang dengan sepak bola," kata Huddle. (AFP/OL-6)

BERITA TERKAIT