03 April 2020, 17:54 WIB

Ini 3 Jenderal Polisi yang Jadi Kandidat Deputi Penindakan KPK


Dhika Kusuma Winata | Politik dan Hukum

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) merampungkan tahapan seleksi administrasi dan potensi calon Deputi Penindakan. Sebanyak tiga jenderal polisi dinyatakan lolos dan akan mengikuti proses lanjutan.

Tiga kandidat Deputi Penindakan KPK tersebut yakni Wakil Kapolda DI Yogyakarta Brigjen Pol Karyoto, Kepala Diklat Reserse Lemdiklat Polri Brigjen Pol Agus Nugroho, dan Wakil Kapolda Sumatera Selatan Brigjen Pol Rudi Setiawan.

"Hari ini pimpinan KPK melakukan tes uji makalah, presentasi, dan wawancara terhadap tiga calon Deputi Penindakan tersebut," kata Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK Ali Fikri, Jumat (3/4).

KPK sempat menyebutkan terdapat 11 pelamar untuk posisi Deputi Penindakan. Dari total 11 pelamar, ada tujuh polisi dan empat jaksa yang mengikuti seleksi.

Baca juga :Eks Ketua KPK: Negara Diterpa Musibah, Tunda Kenaikan Gaji

Menurut Ali, tiga kandidat yang lolos tersebut sebelumnya telah mengikuti tes uji kompetensi dan asessment yang dilakukan oleh pihak ketiga independen dan professional.

KPK mengajak masyarakat untuk turut mengawal prosesnya dan terbuka atas masukan terkait proses seleksi tersebut. Menurut jadwal, seleksi berlangsung hingga tanggal 7 April 2020.

Ali melanjutkan selain untuk posisi Deputi Penindakan, KPK juga melakukan seleksi untuk calon Deputi Informasi dan Data.

Pimpinan telah melakulan tes uji makalah, presentasi, dan wawancara terhadap tiga kandidat yakni Giri Suprapdiono (Direktur Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat KPK), Indira Malik (Spesialis Pengolahan Data dan Informasi Utama KPK), dan Mochamad Hadiyana (Direktur Standarisasi Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika). (OL-7)

BERITA TERKAIT