03 April 2020, 15:40 WIB

Korban Virus Covid-19 Belgia Melonjak Lewati 1.000


Haufan Hasyim Salengke | Internasional

Kematian akibat virus covid-19 di Belgia meningkat tajam. Jumlahnya melewati angka 1.000 pada Kamis (2/4), kata pejabat kesehatan. Korban meninggal di negara berpenduduk 11,4 juta jiwa telah berlipat ganda dalam waktu tiga hari.

Sekarang tercatat ada 1.011 kematian dan 15.348 kasus sejak awal wabah merebak, kata para pejabat pada konferensi pers harian.

"Sembilan puluh tiga persen kematian terjadi pada orang tua yang berusia lebih dari 65 tahun," kata Dr Emmanuel Andre, juru bicara kesehatan pemerintah.

Baca juga: Ditetapkan Pusat Pandemi, Negera-negara Tutup Akses untuk Eropa

Awal minggu ini Andre mengonfirmasi kematian seorang gadis berusia 12 tahun di antara mereka yang terinfeksi covid-19.

Belgia telah memasuki periode puncak pandemi nasional yang memang diharapkan pihak berwenang. "Setengah dari tempat tidur perawatan intensif di unit rumah sakit di seluruh negeri telah terisi," kata Andre.

Negara itu telah memberlakukan penguncian wilayah nasional (lockdown) yang serupa dengan negara-negara tetangganya di Eropa. Restoran, bar, dan beberapa perusahaan tutup. Sekolah diliburkan dan acara publik dilarang.

Parlemen memberikan mandat kepada Perdana Menteri sementara, Sophie Wilmes untuk mengatasi virus tersebut. Belgia termasuk negara yang paling terpukul di Eropa. (AFP/Hym/OL-14)

BERITA TERKAIT