03 April 2020, 12:59 WIB

Pertamina Jamin Pasokan Energi Aman di Tengah Pandemi


M. Iqbal Al Machmudi | Ekonomi

PT Pertamina (Persero) menjamin pasokan energi nasional aman dan cukup di seluruh wilayah Indonesia. Walaupun harga minyak dunia anjlok karena terdampak pandemi virus korona (covid-19).

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman, menjelaskan saat ini bisnis minyak dan gas bumi (migas) global menghadapi dampak wabah mematikan. Mulai dari kebijakan pembatasan wilayah (lockdown), hingga penurunan harga dan konsumsi energi.

Kendati demikian, BUMN energi tetap menjalankan proses bisnis, seperti kegiatan hulu, pengolahan dan hilir migas, termasuk penambahan impor minyak mentah maupun produk BBM dan LPG. Tujuannya memastikan ketersediaan energi.

Baca juga: Harga Minyak Jatuh Lagi, Permintaan Kian Mencemaskan

"Tambahan impor minyak mentah akan meningkatkan ketersediaan minyak mentah dalam negeri, yang akan diolah kilang Pertamina," kata Fajriyah melalui keterangan tertulis, Jumat (3/4).

"Sementara tambahan impor produk akan memanfaatkan storage yang tersedia di Indonesia, baik di darat maupun floating," imbuhnya.

Walaupun terdapat tambahan impor minyak mentah, Pertamina tetap mengutamakan penyerapan minyak mentah dalam negeri yang didapat dari bagian pemerintah.

"Anak perusahaan Pertamina dan pembelian bagian dari Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS). Tercatat sampai akhir Februari, total minyak mentah domestik yang diserap dan diolah Pertamina sebesar 669 MBPD atau sekitar 92% dari produksi minyak mentah nasional," tutup Fajriyah.(OL-11)

a

BERITA TERKAIT