03 April 2020, 11:37 WIB

Penanganan Covid-19, Klaten Siapkan Anggaran Rp34 Miliar


Djoko Sardjono | Nusantara

GUNA percepatan penanganan Covid-19, Pemerintah Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, menyiapkan anggaran Rp34 miliar. Dana sebesar itu untuk pembelian APD (alat perlindungan diri) bagi petugas medis dan bantuan sembako kepada warga terdampak Covid-19. Bupati Klaten Sri Mulyani dalam rapat koordinasi tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19, Kamis (2/4), mengatakan, dana pergeseran anggaran di APBD itu dari pengalihan 35% anggaran dana siap pakai/biaya tidak terduga (DSP/BTT) dan perjalanan dinas.

Dana pergeseran anggaran Rp34 miliar digunakan untuk pembelian APD petugas kesehatan di rumah sakit, puskesmas, dan penambahan ruang isolasi di RSD Bagas Waras Klaten. Selain itu, disiapkan untuk bantuan sembako bagi warga terdampak Covid-19.

Sementara itu, bantuan sembako diperuntukkan bagi dengan status orang dalam pemantauan (ODP) yang menaati protokol isolasi mandiri selama 14 hari. Selain itu, bantuan sembako juga diberikan kepada warga yang kehilangan pendapatan akibat wabah Covid-19.

baca juga: Terkait Covid-19, Pengacara Berharap Rusli Zainal Dibebaskan

Untuk bantuan sembako tahap pertama, kata Bupati Sri Mulyani, disiapkan sebanyak 3.000 paket. Itu diperuntukkan ODP yang melakukan isolasi mandiri selama 14 hari. Selain itu, bantuan diberikan kepada warga yang kehilangan penghasilan akibat Covid-19.

"Dana untuk bantuan sembako dari pergeseran anggaran di APBD 2020. Nilai bantuan Rp150.000 per paket. Bantuan sembako tahap pertama bagi warga terdampak Covid-19 akan segera didistribusikan lewat gugus tugas tingkat RW," pungkasnya. (OL-3)

BERITA TERKAIT