03 April 2020, 08:55 WIB

Tiongkok Siap Bantu Indonesia Lawan Covid-19


Haufan Hasyim Salengke | Internasional

TIONGKOK menyatakan siap mendukung dan membantu Indonesia dalam mengatasi tantangan pandemi virus korona (covid-19). Hal itu disampaikan Presiden Tiongkok, Xi Jinping.

Dalam percakapan telepon dengan Presiden Joko Widodo, Xi mencatat virus korona menyebar di beberapa negara dan wilayah, termasuk Indonesia. Atas nama pemerintah dan rakyat Tiongkok, dia menyatakan rasa prihatin kepada Indonesia.

"Setelah perjuangan yang berat, rakyat Tiongkok keluar dari periode yang paling sulit," ujar Xi, seraya menambahkan Tiongkok mengidentifikasi berbagai kesulitan yang dialami Indonesia. Serta, pihaknya bersedia menawarkan bantuan.

Tiongkok, lanjut Xi, meyakini Indonesia di bawah kepemimpinan Jokowi, sapaan akrabnya, akan menang melawan wabah tersebut.

Baca juga: Pemerintah Datangkan 150 Ribu Alat Tes Covid-19 dari Tiongkok

Xi menekankan dalam menghadapi pandemi yang parah, Tiongkok dan Indonesia telah saling mendukung. Hal itu menunjukkan persahabatan yang mendalm antara kedua negara.

Mengingat tahun ini menandai peringatan 70 tahun hubungan diplomatik bilateral, Xi mengatakan pemerintahnya siap bekerja sama dengan Indonesia dalam membangun Belt and Road Initiative. Serta, memajukan pengembangan kemitraan strategis komprehensif antar kedua negara.

"Epidemi adalah tantangan umum bagi semua umat manusia. Hanya dengan memupuk sinergi yang kuat, masyarakat internasional dapat mengalahkan musuh ini," tegas Xi.

Tiongkok dan Indonesia dikatakannya harus bekerja sama dengan erat untuk mendorong G20 dan komunitas internasional memainkan peran dalam respons krisis dan perekonomian global. (Xinhua/OL-11)

 

BERITA TERKAIT