03 April 2020, 08:00 WIB

Bulog Sigli Siap Salurkan Beras Cadangan ke Dua Kabupaten


Amiruddin Abdullah Reubee | Nusantara

UNTUK membantu warga terdampak virus korona, Bulog Subdivre Sigli, Kabupaten Pidie, Aceh siap menyalurkan 200 ton CBP (cadangan beras pemerintah) kapan saja bila diperlukan. Beras tersebut sekarang tersimpan di gudang Bulog di Meureudu. Beras sebanyak 200 ton itu, disediakan untuk dua kabupaten dalam wilayah kerja Bulog Sub Divre Sigli. Masing-masing adalah Kabupaten Pidie 100 ton dan 100 ton lagi untuk Kabupaten Pidie Jaya.

Kepala Bulog Sub Divre Sigli, Muammar mengatakan  pihaknya tidak main-main dalam kesediaan beras CBP ini. Stok 100 ton harus tersedia di setiap kabupaten. Sebab keadaan darurat akibat dari bencana alam atau bencanan non alam tidak diketahui kapan terjadi. 

"Ini persediaan beras cadangan milik pemerintah Pidie 100 ton dan Pidie Jaya 100 ton. Sekarang ada di gudang bulog. Kapan saja diminta bupati setempat, siap disalurkan" kata Muammar kepada Media Indonesia, Kamis (2/4).

baca juga: Ganjar Instruksikan Pengawasan Khusus Pengelolaan Limbah Covid-19

Bila pemerintah kabupaten mengap sudah perlu dan ingin memgambil CBP,  ia mempersilahkan pemkab mempersiapkan beberapa ketentuan administrasi antara lain surat kepetusan kepala dareah mengenani penetapan status keadaan darurat bencana non alam berupa covid-19, data jumlah korban dari Dinas Sosial kab/kota, surat penugasan Kepala Dinas Sosial kab/kota sesuai kebutuhan dengan keputusan gubernur dan menteri terkait, serta surat permintaan CBP dari bupati kepada bulog.

Muammar mengharapkan masyarakat jangan panik menghadapi wabah korona.  Pihaknya menjamin ketersediaan pangan mencukupi. (OL-3)

BERITA TERKAIT