03 April 2020, 06:05 WIB

Tegur Kepala Daerah yang Tutup Akses Jalan


Pra/Ykb/Sru/X-6 | Politik dan Hukum

PRESIDEN Joko Widodo meminta Mendagri Tito Karnavian menegur kepala daerah yang menutup akses jalan sehingga menghambat distribusi bahan pangan pokok. Presiden mengaku menerima laporan bahwa ada dua daerah yang menutup akses jalan. Proses distribusi beras ke daerah pun terganggu.

“Saya harap Menteri Dalam Negeri menegur kepada daerah yang memblokade jalan. Jangan sampai distribusi logistik terganggu,” tegas Jokowi, kemarin.

Terkait dengan ketersediaan bahan pangan, Jokowi menyebut saat ini hal itu dalam kondisi aman. Ketersediaan aman juga terjadi pada komoditas lain seperti daging, telur, gula, terigu, dan bawang putih.

“Menteri Pertanian sudah menyampaikan minggu-minggu depan mungkin harga gula normal lagi, Rp12.500 per kg. Menteri Perdagangan juga menyampaikan bahwa stok bawang sudah masuk,” jelas presiden.

Pada kesempatan berbeda, Polda Metro Jaya memastikan hingga kemarin belum ada penutupan akses jalan di sejumlah ruas jalan DKI Jakarta.

Menurut Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus, pihaknya tidak akan melakukan penutupan atau penyekatan jalan tanpa perintah dari Polri ataupun pemerintah pusat. “Sampai saat ini tidak ada penyekatan atau penutupan lalu lintas baik di tol maupun di arteri di seluruh wilayah Polda Metro Jaya,” ujar Yusri, kemarin.

Sebelumnya, beredar informasi di media sosial bahwa akan ada penutupan jalan di pelbagai wilayah Jakarta. Namun, Yusri memastikan
bahwa ihwal penutupan jalur tersebut merupakan hoaks atau berita bohong.

Polda Metro Jaya, imbuh Yusri, masih menunggu keputusan final pemerintah terkait dengan pembatasan akses transportasi umum di wilayah Jabodetabek. “Kami tidak akan melakukan penutupan tanpa ada perintah dari pemerintah pusat.” (Pra/Ykb/Sru/X-6)

BERITA TERKAIT