03 April 2020, 03:28 WIB

Infeksi Covid-19 di Dunia Tembus 1 Juta Kasus


Ghani Nurcahyadi | Internasional

KASUS infeksi virus korona covid-19 kini telah melebihi 1 juta kasus di dunia. Penghitungan worldometer pada Jumat (5/4) dini hari menunjukkan ada 1.005.871 kasus infeksi covid-19 di 204 negara. 

Kasus infeksi terbanyak dari pandemi ini terjadi di Amerika Serikat. Di negeri Paman Sam, virus korona menginfeksi lebih dari 230 ribu orang. Negara lainnya yang memiliki ratusan ribu kasus infeksi covid-19 ialah Italia dan Spanyol.

Tiongkok yang jadi pusat penyebaran virus korona kini justru berada di negara urutan keempat kasus infeksi covid-19 terbanyak di dunia setelah digeser Jerman yang sudah melaporkan lebih 84 ribu kasus disana.

Baca juga : Covid-19 di Spanyol Renggut 10 ribu Nyawa

Indonesia yang kasus pertamanya diumumkan pada 2 Maret lalu, dalam rentang sebulan sudah 1.790 kasus dengan 112 diantaranya telah sembuh dan dipulangkan dari fasilitas kesehatan.

Salah satu negara yang belum melaporkan satu pun kasus infeksi virus korona ialah Korea Utara. Meski menimbulkan keraguan internasional, pejabat senior di Departemen Anti-epidemi Korut Pak Myong Su memastikan belum ada kasus virus korona di negaranya.

"Kami telah melakukan upaya pencegahan dan pendekatan sains, seperti inspeksi serta karantina untuk semua orang yang masuk ke Korut. Kami pun telah menyemprotkan disinfektan ke seluruh barang dan menutup perbatasan, baik darat, laut, dan udara," ujar Pak dikutip dari AFP. (OL-7)

BERITA TERKAIT