03 April 2020, 00:10 WIB

Koki Restoran Jepang ini Jadi Sukarelawan Penanganan Covid-19


Gana Buana | Humaniora

PANDEMi virus korona covid-19 di Indonesia memaksa sejumlah tempat usaha di Indonesia menutup sementara usahanya unuk menjalankan imbauan menjaga jarak sosial (physivpcal distancing).

Hal itu juga dirasakan oleh Danuri yang harus merelakan sementaa pekerjaannya sebagai koki senuah restoran Jepang di Jakarta yang harus tutup sementara untuk memutus rantai penyebaran covid-19.

Tak mau berdiam diri, pria 39 tahun itu memilih menjadi aalah satu sukarelawan dalam penanganan covid-19 di Indonesia. Ia bergabung dengan jaringan relawan LAZ U-Care Indonesia untuk membantu pencegahan penyebaran covid-19.

“Karena sedang dalam masa seperti ini, tempat usaha tutup sampai batas waktu yang belum ditentukan tentu berdampak pada ekonomi keluarga kami,” kata lelaki empat anak ini.

Ia mengaku sebisa mungkin mencari penghasilan lain apapun bentuknya asalkan halal. Dengan menjadi relawan U-Care, Ia mengaku tak hanya menyumbang tenaga bahkan pihak U-Care juga memperhatikan kesejahteraan para relawan dengan memberikan insentif, walau tidak banyak.

"Apapun ya saya kerjakan yang penting halal, seperti ikut kerja bangunan, atau ikut jadi relawan di U-Care dan sebagainya buat nambah penghasilan keluarga demi dapur tetap ngebul,” lanjut Danuri.

Baca juga : Wabah Covid-19 Tak Halangi Olahraga agar Bugar Kendati di Rumah

Danuri juga mengatakan, menjadi relawan adalah panggilan hati untuk membantu meringankan beban negeri ini yang terkena wabah. Ini alasan ia memberanikan diri menjadi relawan di LAZ U-Care Indonesia.

“Alhamdulillah baik-baik saja, kita sudah dilengkapi dengan APD (Alat Pelindung Diri) yang memadai, saya merasa puas dan lebih semangat lagi, bisa membantu masyarakat umum, ada kepuasan tersendiri,” tutur Danuri.

Pria kelahiran Pemalang, Jawa Tengah yang memiliki basic koki Japanese Teppanyaki ini berharap semoga masa seperti ini cepat berlalu.

Ia pun mengimbau agar masyarakat tetap mengikuti anjuran pemerintah untuk menerapkan physical distancing dengan menghindari keramaian massa (jaga jarak), rajin mencuci tangan dengan bersih dan gunakan sabun selama kurang lebih 20 detik setiap kali keluar dan masuk rumah.

Selain itu, tetap jaga imunitas tubuh dengan mengonsumsi makanan yang bernutrisi, olahraga, berjemur di pagi hari selama kurang lebih 15 menit, dan tetap berpikir positif.

“InsyaAllah, bersama kita bisa basmi penyebaran virus korona. Terakhir, jangan lupa untuk menyayangi diri, keluarga, sayangi sesama,” tambah dia.

Selain membuka jaringan relawan, Yayasan U-Care juga membuka dompet donasi di laman resminya untuk membantu masyarakat yang terdampak virus korona di Indonesia, (OL-7)

BERITA TERKAIT