02 April 2020, 17:40 WIB

Optimalkan Potensi Desa untuk Tangulangi Covid-19


Ardi Teristi | Nusantara

Ketua Komisi A DPRD Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Eko Suwanto meminta Pemda untuk memberdayakan potensi desa.

Ada 246 Desa Tangguh Bencana dan 88 Satuan Pendidikan Aman Bencana di DIY. Selain itu, kota Yogyakarta memiliki 115 kampung tangguh bencana. Bahkan Pemda memiliki 30.585 anggota satlinmas dan 328 SAR Istimewa di bawah koordinasi Satpol PP yang memiliki 8 Posko.

"Kami merekomendasikan Pemda untuk memberdayakan semua potensi yang ada, termasuk di desa. Mereka bisa diberdayakan untuk melakukan penyemprotan disinfektan di wilayah sekaligus melakukan sosialisasi dan edukasi bagi masyarakat," kata Eko, Kamis (2/4), di Gedung DPRD DIY.

Disinfektan beserta perlengkapannya, lanjut Eko, bisa didistribusikan melalui Desa/Kelurahan dengan dukungan Katana/Destana. BPBD dapat bekerja sama dengan Kepala Desa/Lurah dan bisa melibatkan relawan penanggulangan bencana di wilayah tersebut.

Baca juga: Antisipasi Covid-19, Daop 6 Yogyakarta Semprotkan Disinfektan

Menurutnya, di setiap desa ada Satlinmas yang bisa diberdayakan. "Potensi SDM ini bisa dioptimalkan untuk membantu pemerintah dalam memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat luas tentang covid-19," tambahnya.

Selain memberdayakan potensi desa, Eko mengingatkan untuk melibatkan TNI, Polri, dan Puskesmas/Puskesmas Pembantu yang ada di wilayah.

Sosialisasi dan edukasi juga dapat dilakukan bersama netizen, bisa lewat video, film pendek, animasi, atau karikatur dan berbagai konten kreatif lainnya.

"Jika masyarakat sudah teredukasi dengan baik, maka masyarakat akan menjadi tangguh dalam menghadapi covid 19," pungkasnya. (OL-14)

BERITA TERKAIT