02 April 2020, 16:40 WIB

Fenomena Halo Matahari Nampak di Sorong


Martinus Solo | Humaniora

WARGA Kota Sorong, Papua Barat, sekitar pukul 11.00 Wit, Kamis (2/4), menyaksikan fenomena alam berupa lingkaran putih yang mengelilingi matahari tepat berada di langit Sorong.

"Fenomena Seolah matahari dikelilingi cincin, itulah yang disebut Halo Matahari"Jelas Adrianus Niki, seorang guru geografi, ketika ditemui wartawan di bilangan Malanu, Kota Sorong, Papua Barat, Kamis,(2/4).

Halo Matahari, jelas dia, merupakan sebuah fenomena optis berupa lingkaran cahaya di sekitar matahari. Apakah fenomena halo ini hanya terjadi di sekitar matahari? Jawabannya Tidak. Fenomena halo bisa juga terjadi di sekitar bulan ataupun lampu penerangan jalan dan kadang- kadang di permukaan bumi sendiri.

Fenomena halo matahari merupakan fenomena langka yang terjadi pada waktu tertentu saja. Penyebab peristiwa ini ialah dari peranan pantulan cahaya matahari itu sendiri.

Sebenarnya ada bermacam- macam fenomena halo, namun pada umumnya halo matahari disebabkan karen adanya kristal es yang berada di awan cirrus yang dingin. Berada di ketinggian 5 hingga 10 km di atas lapisan troposfer. (OL-13)

Baca Juga: Singapura Catat Kematian Keempat Kasus Covid-19, Seorang WNI

Baca Juga: Brigadir Marsel Rela Batalkan Pernikahan Akibat Wabah

BERITA TERKAIT